Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tentrem Sebar Teaser Avante H8X, Model Single Glass?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 tidak membuat karoseri pembuat bus berhenti memberi inovasi. Salah satunya karoseri Tentrem asal Malang yang memberikan bocoran bodi bus terbarunya lewat akun instagamnya.

Berdasarkan gambar yang diunggah, bertuliskan Avante H8X. Kemudian di bawahnya ada tulisan coming soon. Caption yang ditulis yaitu “Single Glass? Why Not” yang menjelaskan kalau produk terbarunya ini akan memakai model kaca tunggal.

Tentu saja memakai bus model kaca tunggal di zaman sekarang bisa dikatakan melawan arus. Karena hampir semua karoseri membuat bus dengan model double glass, dengan sekat atau biasa disebut bando.

Sebelumnya karoseri Tentrem pernah juga merilis Avante H7X yang merupakan varian single glass dari Avante H7. Waktu itu bus dengan bodi Avante H7X ini dibuat untuk Pertamina dengan kelir putih, memakai sasis dari Hino.

Jika melihat dari produk sebelumnya, kemungkinan Avante H8X memiliki spesifikasi yang sama dengan Avante H8, hanya model kacanya saja yang berbeda. Avante H8 sendiri merupakan jawaban Tentrem dalam menantang Legacy SR2 Transporter dari Laksana dan Jetbus 3+ MHD buatan Adiputro.

Avante H8 sebenarnya dibuat khusus untuk sasis modular, seperti Mercedes Benz OH 1626. Dengan model modular ini, maka bagasi dibuat dari space frame yang membuatnya bisa tembus antara sisi kiri dan kanannya.

Selain itu, tinggi bodi Avante H8 yaitu 3,8 meter dan bagasinya mencapai 1,1 meter. Tinggi dan leganya bagasi ini karena tembus sisi kiri dan kanannya membuat Avante H8 bisa memuat motor di dalamnya.

Kita tunggu saja akan seperti apa bentuk Avante H8X. Kabarnya saat ini sedang proses pengerjaan, sebentar lagi akan dirilis.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/14/175654915/tentrem-sebar-teaser-avante-h8x-model-single-glass

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke