Salin Artikel

Nissan Kicks Raih 5 Bintang di Uji Tabrak ASEAN NCAP

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Kicks e-Power meraih hasil sempurna dengan perolehan 5 bintang dalam uji tabrak yang dilakukan oleh New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) di MIROS PC3, Melaka, Malaysia.

Perolehan tersebut usai produk terbaru dari Nissan ini melakukan serangkaian uji tabrak, seperti uji tabrak bagian depan, samping, dan evaluasi fitur keselamatan.

Dalam hal perlindungan penumpang dewasa, saat terjadi tabrakan depan Nissan Kicks diberi nilai 15,78 poin dari total 16 poin. Nissan Kicks memberikan perlindungan terbaik untuk bagian kepala, badan hingga kaki pengemudi maupun penumpang.

"SUV tetap stabil dalam uji tabrakan depan dengan data uji diperoleh dari boneka menunjukkan bahwa kendaraan menyajikan perlindungan baik untuk penghuni dewasa. Namun demikian, terdapat risiko cedera pada kaki bagian bawah penumpang," sebut ASEAN NCAP.

Untuk perlindungan tabrakan samping, Nissan Kicks mendapat nilai sempurna dengan 16 poin. Mobil ini memberikan perlindungan baik pada kepala hingga badan penghuni mobil ketika terjadi tabrakan samping.

Sementara untuk teknologi perlindungan kepala, mobil ini diberi nilai 2,29 poin dari nilai maksimal 4,00.

Adapun untuk perlindungan penumpang anak, Nissan Kicks diberi nilai 14,37 poin pada tabrakan depan dari poin maksimal 16,00 dan nilai 8,00 dari nilai maksimal 8,00 pada tabrakan samping. Dengan bobot nilai 25 persen untuk perlindungan anak-anak, Nissan Kicks meraih nilai total 20,77.

Maka secara keseluruhan, mobil yang baru saja diperkenalkan di Tanah Air tersebut mendapat perlindungan penumpang dewasa yang baik dengan nilai 47,31 poin dari total 50.00 poin.

Pencapaian tersebut tak lepas dari penyematan berbagai fitur keselamatan pada mobil seperti, 2 airbag, Electronic Stability Control, serta sistem pengingat sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan.

"Model ini juga menawarkan teknologi keselamatan Intelligent Rear View Mirror, Autonomous Emergency Braking Inter-Urban dan Forward Collision Warning system baik sebagai perlengkapan standar maupun opsional," terang pernyataan ASEAN NCAP.

"Dalam penilaian ini Nissan Kicks berhasil memperoleh skor keseluruhan sebesar 86.93 poin dari tiga kategori perlindungan penumpang dewasa, perlindungan penumpang anak-anak dan teknologi keselamatan. Maka, kami berikan peringkat 5-bintang," lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/03/174100515/nissan-kicks-raih-5-bintang-di-uji-tabrak-asean-ncap

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.