Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menimbang Untung Rugi Beli Mobil Bekas Saat Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi ekonomi yang belum stabil karena pandemi Covid-19, tak menyurutkan niat orang untuk memiliki mobil. Menggunakan mobil pribadi masih jadi pilihan yang lebih baik ketimbang harus naik kendaraan umum, untuk mencegah penularan virus corona.

Daripada mengincar mobil baru yang paling murah dihargai dari Rp 150 jutaan, sejumlah calon konsumen banyak yang mencari mobil bekas lantaran harganya bisa menyesuaikan dengan dana yang disiapkan.

Budi Raharjo, Direktur dan Senior Partner OneShildt Financial Planning, mengatakan, memilih mobil bekas bisa jadi solusi hemat meski mengandung risiko sebab kondisinya yang tak seprima mobil baru.

Menurut Budi, hal pertama yang harus diperhatikan ketika membeli kendaraan di tengah pandemi adalah memperhatikan cash flow.

“Harus diperhatikan dulu alokasi pengeluarannya, sebab kebutuhan itu kan tidak sedikit, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga,” ujar Budi, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Jika masih ada ruang melakukan realokasi untuk memiliki kendaraan boleh saja hal itu dilakukan,” katanya.

Kalau hal itu sudah dipastikan, langkah selanjutnya adalah menentukan mobil sesuai dengan dana yang tersedia.

Pilihlah mobil yang bisa menunjang kebutuhan Anda, sesuaikan fitur-fitur dengan operasional sehari-hari. Pastikan ketersediaan dan harga suku cadang, serta jaringan bengkel resmi. Termasuk kelengkapan surat-suratnya.

“Saat membeli mobil bekas Anda harus menyiapkan dana untuk perbaikan. Semakin tua usia mobil, semakin besar biaya perbaikannya. Mobil yang masih muda sedikit perbaikannya, tapi harga jualnya relatif lebih tinggi,” ucap Budi.

“Jangan lupa juga untuk bayar pajak tahunan dan balik nama surat-surat kendaraan, itu harus siapkan dana tersendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mengatakan, pasar mobil bekas tetap memiliki peminatnya sendiri meski kondisi sedang pandemi.

Permintaan mobil bekas pun berangsur membaik, sejalan dengan penjualan mobil baru yang mulai mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir.

“Jadi memang pedagang sudah perkirakan, penjualan mobil bekas meningkat pada akhir tahun. Pemicunya PSBB yang mulai melonggar dan libur akhir tahun," ujarnya.

"Orang-orang cari mobil bekas, karena bisa langsung dipakai. Kalau mobil baru harus tunggu pelat nomor jadi, STNK, dan lainnya, buat beberapa orang itu makan waktu,” kata Herjanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/23/092200215/menimbang-untung-rugi-beli-mobil-bekas-saat-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke