Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Pilih Sarung Tangan buat Naik Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bagian dari tren berbusana, fungsi utama sarung tangan ialah sebagai pelindung. Karena itu sarung tangan masuk dalam salah satu item komponen safety gear.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, sarung tangan tidak hanya berguna melindungi tangan dari sinar matahari, tapi juga dapat mencegah luka fatal jika terjadi kecelaaan.

"Sarung tangan yang baik ialah yang dapat menutup jari tangan penuh, bukan yang buntung atau setengah tertutup. Oleh karena itu penting memperhatikan penggunaannya," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain harus menutupi semua jari-jari, Agus mengatakan, sarung tangan yang baik ialah sarung tangan yang memang dirancang untuk naik motor.

Hal tersebut yang masih banyak kekeliruan di masyarakat. Tak sedikit yang asal memakai sarung tangan padahal bukan peruntukan buat berkendara.

"Terutama bagi pengendara wanita, hindari memilih sarung tangan hanya karena menarik dipandang namun minim fungsi utama," kata Agus.

Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto mengatakan, sarung tangan yang baik justru bisa meningkatkan kenyamanan pengendara saat memegang grip setang.

"Sarung tangan itu ibaratnya adalah kulit kedua si pengendara motor. Sehingga bila tidak pas seperti longgar atau licin akan membuat gerakan menggenggam stang motor tidak maksimal," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/20/200100715/tips-pilih-sarung-tangan-buat-naik-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke