Salin Artikel

Cas Ponsel di Motor Bisa Sebabkan Aki Tekor?

JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur power outlet yang biasanya ada di mobil, sekarang sudah merambah ke motor. Fitur ini membuat pengendara bisa mengisi daya handphone miliknya sambil berkendara.

Model power outlet yang ada di motor sama saja dengan yang ada di mobil. Pengendara tinggal sediakan adaptor yang kemudian bisa untuk mencolok kabel USB dan disambungkan ke handphonenya.

Fitur ini sering digunakan oleh pengendara ojek online (Ojol) untuk mengisi daya handphonenya. Sering terlihat pengendara ojol menempatkan hapenya di speedometer dan kabel charger menyambung ke power outlet di motornya.

Lalu ketika mengisi daya handphone, apakah power outlet tersebut berpotensi membuat aki motor menjadi tekor?

Technical Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, fitur power outlet di motor tidak akan membuat baterai atau aki soak, namun ada syaratnya.

“Asalkan pada saat melakukan pengecasan HP, mesin dalam keadaan hidup, baterai motor tidak akan soak,” ucap Endro kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Sedangkan jika pengendara memakai fitur ini saat mesin motor mati, aki malah jadi soak. Endro mengatakan, jika mesin mati, arus listriknya murni dari aki saja, baterai tidak mengalami pengisian.

“Jika hal ini dilakukan terus-menerus, arus listrik yang ada di baterai akan habis. Kalau sudah habis arus listrik di aki, tidak bisa dicas, jadi harus ganti yang baru,” kata Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/20/080200015/cas-ponsel-di-motor-bisa-sebabkan-aki-tekor-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.