Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Uji Coba Bus Listrik TransJakarta Memuaskan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengaku puas terhadap hasil uji coba dua bus listrik yang melayani rute Blok M-Balai Kota (EV1) selama tiga bulan.

Kedua bus listrik tersebut, yakni BYD tipe C6 dan K9, dinyatakan memiliki ketahanan baterai yang baik dan stabil setelah dioperasikan sejak Juli 2020 bersama PT Bakrie Autoparts.

"Selama masa uji coba, bus ini mendapat sambutan antusias dari pelanggan dimana tercatat telah melayani sebanyak 100 orang setiap harinya, terkhusus jelang memasuki masa PSBB jilid II," kata Kepala Divisi Sekertaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulis, Selasa (6/10/2020).

Adapun jarak yang mampu ditempuh oleh bus setelah dilakukan pengisian daya kurang dari empat jam setiap harinya ialah 250 kilometer.

"Selain itu, kedua bus juga memiliki keunggulan seperti tidak menimbulkan polusi, biaya perawatan yang murah, kekuatan baterai yang tahan lama, hingga konsep green city yang sejalan dengan cita-cita Jakarta untuk menuju 4.0," ujar Nadia.

Sementara untuk hasil evaluasi sendiri, Nadia mengungkapkan PT TransJakarta dan PT Bakrie Autopart selaku pemilik telah melaporkan hasil ujicoba bus listrik EV1 kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Selanjutnya, kedua perusahaan terkait akan menunggu arahan dari Dishub DKI Jakarta untuk melakukan tahapan selanjutnya dari upaya pengimplementasian penggunaan bus listrik secara penuh di DKI Jakarta dalam waktu dekat.

Program uji coba bus listrik oleh Transjakarta merupakan langkah lanjutan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2020 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Tidak hanya itu, ada juga Ingub Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, serta SK Kadishub DKI 76/2020 yang berisikan penugasan kepada TransJakarta untuk melaksanakan perpanjangan pelaksanaan uji coba bus listrik.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/06/193100115/hasil-uji-coba-bus-listrik-transjakarta-memuaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke