Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Daftar 3 Moge Jadul buat Bahan Custom

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun motor custom dengan basis motor gede (moge) jadul cukup banyak dilakukan. Kelebihannya ialah motor punya kapasitas besar tapi biayanya masih bisa ditekan.

Pemain moge jadul buat custom pun bisa lebih variatif sebab limbah mesin moge jadul cukup banyak. Jadi alih-alih memodifikasi motor standar banyak yang custom membangun motor dari awal.

1. Yamaha XS650

Ari Supriyanto, punggawa bengkel kustom Protechnic Moto di Rempoa, Tangerang Selatan, mengatakan, saat ini di Indonesia populasi XS650 antara yang main orisinil dengan kustom bisa berbanding terbalik.

"Mungkin banyakan yang kustom dibanding klasikan. Memang orang cari mesinnya, kalau mau main orian mungkin susah barangnya, jadinya alternatif pada kustom pakai mesin XS650," kata Ari kepada Kompas.com.

Terbukti di berbagai pentas modifikasi besar di Indonesia banyak yang memakai basis XS650. Gaya yang dianut juga berbagai macam, mulai dari chopper, cafe racer hingga scrambler.

"Kenapa banyak dipakai buat kustom karena dari dulu mesin ini legendaris, banyak dipakai juga buat fashion dan buat balap flat tracker, bahkan sampai saat ini masih banyak dipakai buat balapan flattrack," kata Ari.

2. Honda CB400

Andi Akbar alias Atenk, builder dari Katros Garage, mengatakan, salah satu moge jadul yang cukup diminati untuk bahan motor custom ialah Honda CB400.

Aplikasinya cukup banyak mulai dari model klasik, seperti cafe racer atau tracker.

"Pada dasarnya, motor ini mau dijadikan apa saja tetap bagus. Suara yang dihasilkan knalpotnya juga bagus," kata Atenk kepada Kompas.com.

Keunggulan CB400 kata Atenk ialah harganya lumayan murah, sekitar Rp 30 jutaan, tapi tidak ada surat-surat.

"Kalau surat-surat lengkap, mungkin sekitar Rp 50 jutaan sampai Rp 60 jutaan. Tapi, kelemahannya adalah kebanyakan yang jual motor ini tidak dilengkapi surat-surat," katanya.

3. Kawasaki ER-6n

Atenk merekomendasikan jika ingin main motor custom bergaya neo, klasik tapi agak futuristik, seperti neo cafe racer, neo tracker, dan lainnya bisapilih Kawasaki ER-6n.

Alasannya ialah harganya masih cukup terjangkau untuk ukurannya yaitu Rp 70 jutaan. Berbeda dengan moge baru di kelasnya yang sudah tembus Rp 100 jutaan.

"Tapi, kelemahannya biasanya bekasnya itu selalu ada yang bermasalah. Entah mesinnya atau kelistrikannya. Selain itu, suaranya tidak terlalu stereo untuk ukuran motor 650 cc," ujar Atenk.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/01/130200615/ini-daftar-3-moge-jadul-buat-bahan-custom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke