Salin Artikel

Honda GB500 TT, Cafe Racer Asal Jepang Cita Rasa Eropa

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pencinta roda dua yang tahu motor Honda seri CB yang relatif bantak populasinya di Indonesia. Tapi, sangat jarang yang tahu seri GB, seperti Honda GB500 TT.

Motor jadul ini memiliki tampilan klasik seperti motor sport buatan Eropa era 1950-an. Dari pabriknya, motor ini sudah bergaya cafe racer.

Honda memproduksi GB500 TT medio 1989 - 1991. Meski kental dengan gaya Eropa, tapi target market-nya adalah pasar domestik Jepang dan Amerika Serikat.

Motivasi di balik pembuatan motor ini adalah berkurangnya tren motor 2-silinder di Eropa, khususnya Inggris. Saat itu, pabrikan motor asal Inggris mulai mengembangkan mesin 3-silinder.

Dari fenomena tersebut, Honda ingin mengembalikan cita rasa mesin 2-silinder pada ajang balap Tourist Trophy di Isle of Man.

Itu juga yang menjadi asal-usul dari nama GB500 TT. GB diambil dari Great Britain (Britania Raya) dan TT dari Tourist Trophy.

Konsep tersebut yang membuat desain dan tampilan GB500 TT mirip dengan Norton atau Triumph. Begitu pula dengan warnanya yang terinspirasi dari Velocette dan Norton Manx, yakni warna hitam dengan striping emas.

Untuk dapur pacunya, Honda membekali motor ini dengan mesin yang sama seperti XL600. Tapi, kapasitas mesinnya diturunkan menjadi 498 cc.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 33 tk dan torsi 35,6 Nm. Honda juga menyematkan teknologi Radial Four Valve Cam (RFVC). Secara keseluruhan, motor ini terbilang ringan. Bobotnya hanya 157 kg.

Dikutip dari Motosaigon.vn, Honda kabarnya akan menghidupkan kembali GB500 TT pada 30 September nanti.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/24/110200315/honda-gb500-tt-cafe-racer-asal-jepang-cita-rasa-eropa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.