Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Matik Parkir, Posisi Transmisi Persneling di N atau P?

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski disebut sebagai mobil dengan transmisi otomatis, bukan berarti kendaraan roda empat ini tidak ada gigi persneling layaknya pada skuter matik.

Pada kendaraan roda empat dengan transmisi matik tuas persneling tetap ada dan terdapat beberapa pengaturan untuk perpindahan kecepatan serta fungsinya.

Tidak hanya untuk pengaturan kecepatan, pada mobil matik juga ada pilihan persneling di saat mobil parkir atau pun berhenti.

Selama ini tidak sedikit pemilik mobil transmisi matik yang bingung mengenai posisi tuas transmisi saat parkir, apakah lebih baik pada posisi P (parking) atau N (neutral)?

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic, menjelaskan, bahwa tuas persneling digunakan sesuai untuk keperluannya.

Seperti halnya saat akan parkir, maka akan lebih baik dan lebih aman menempatkan posisi tuas transmisi pada P dibandingkan pada N.

“Kalau posisi transmisi diposisikan di P akan lebih aman saat parkir, karena saat gigi persneling di P output shaft yang terhubung dengan as kopel akan terkunci,” kata Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, Hermas melanjutkan, maka mobil akan lebih aman dan tidak bergerak dengan sendirinya. Tuas persneling pada posisi P, kata Hermas, baik digunakan saat parkir lama maupun sebentar.

“Mau parkir lama atau pun sebentar, sebaiknya (transmisi) diposisikan di P kalau memang berhenti untuk parkir,” tuturnya.

Sementara pilihan tuas transmisi pada N, menurut Hermas, itu bukan untuk tujuan parkir melainkan hanya berhenti sebentar dengan kondisi mesin masih hidup.

“Kalau N itu bukan untuk tujuan parkir tetapi saat berhenti dengan kondisi mesin masih hidup. Misalkan saat mobil berhenti di lampu merah atau berhenti dalam waktu sebentar dengan alasan tertentu itu masih diperbolehkan untuk menggeser tuas persneling pada posisi N,” ujarnya.

Untuk itu, saat pemilik mobil matik akan parkir dengan durasi berapa lama pun akan lebih disarankan memposisikan tuas persneling pada posisi P dan bukan di N.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika mobil dengan transmisi otomatis parkir dengan posisi tuas transmisi pada posisi N berarti untuk menahan gerakan kendaraan akan mengandalkan handbrake atau rem tangan.

Kondisi ini menurutnya bisa mengganggu kinerja dari perangkat tersebut, terlebih jika durasi parkir dalam waktu yang lama.

“Saat parkir sebaiknya menempatkan tuas transmisi pada posisi P, tujuannya adalah untuk mendukung rem tangan agar kinerjanya tidak terganggu,” katanya.

Dengan memposisikan tuas persneling pada P, kata Didi, sama halnya memasukkan gigi transmisi pada mobil manual.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/18/122200115/mobil-matik-parkir-posisi-transmisi-persneling-di-n-atau-p-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke