Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Masalah pada Ruang Bakar Melalui Warna Busi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kembali diberlakukan di wilayah Jakarta, mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di rumah guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kondisi tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemilik mobil untuk mengecek kembali beberapa komponen pada mesin, salah satunya adalah busi.

Selain berguna sebagai komponen yang memercikan api untuk pembakaran, melalui busi pemilik mobil juga mendeteksi masalah pada ruang bakar. Caranya cukup melihat dari warna di kepala atau ujung elektroda busi.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, warna busi bisa menggambarkan situasi atau kondisi pada ruang bakar. Bahkan dengan rutin melakukan pengecekan sendiri, pemilik kendaraan bisa mengetahui secara pasti kapan waktu busi perlu diganti.

“Warna busi melihatkan bagaimana kondisi pada ruang bakar mobil. Apakah pembakarannya baik, kotor, sampai mengetahui gejala busi yang sudah waktunya diganti karena fungsinya sudah tidak optimal,” ujar Suparna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pada umumnya, ada dua warna pada kepala busi yang mengindikasikan kondisi ruang bakar. Untuk pembakaran yang sempurna, warna di kepala busi akan menunjukan coklat dengan sedikit kemerahan.

Sementara bila warna kepala busi saat dibuka memiliki warna hitam pekat, bisa dipastikan ada masalah pada ruang bakar. Warna hitam pada busi diakibatkan adanya jelaga hitam dari sisi pembakaran yang menumpuk dan lama kelamaan membungkus elektroda busi.

“Busi berwarna hitam biasanya sudah mendekati mati atau tidak bisa berfungsi maksimal, artinya sudah waktunya diganti. Bila warna busi menunjukan terlalu kemerahan, mengindikasikan bahwa adanya kesalahan pemakaian bahan bakar. Umumnya karena ketidakcocokan oktan yang digunakan pemilik dengan yang dianjurkan parbrikan,” kata Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/17/120200315/kenali-masalah-pada-ruang-bakar-melalui-warna-busi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke