Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta PSBB Lagi, Jangan Sampai Cakram Rem Mobil Berkarat

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Senin, 14 September 2020, sebagian besar perkantoran akan kembali diminta untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Untuk itu, jangan sampai lalai dalam merawat kendaraan.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan dari rumah, membuat sebagian orang terlena hingga lupa bahwa kendaraannya butuh perawatan rutin.

Berkurangnya intensitas penggunaan kendaraan bisa berimbas pada beberapa bagian komponen. Meski tidak fatal, tapi fungsi bagian terkait bisa berkurang.

"Salah satu komponen yang rawan terdampak karena berkurangnya penggunaan kendaraan adalah cakram rem. Pada kasus tertentu, bagian ini bisa karatan," kata Anjar Rosjadi, Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Anjar, rem cakram terbuat dari material besi dan terekspos langsung ke udara. Sehingga, saat mobil lama tidak digunakan, ada kemungkinan terjadi karat. Tapi, ini hanya karat permukaan saja.

"Karat tersebut tidak berbahaya dan cepat hilang dengan cara menjalankan mobil. Tetapi kalau mobil didiamkan selama berbulan-bulan karat permukaan bisa merambat sampai ke dalam cakram," ujar Anjar.

Hal senada juga dinyatakan Service Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Anjar Kisworo. Menurutnya, meskipun ada imbauan WFH, sebaiknya mobil dipanaskan paling tidak seminggu sekali.

"Kemudian, jalankan mobil beberapa saat sambil dipanaskan. Terkait dampak karat sendiri, bisa menyebabkan berkurangnya performa rem dan bisa menimbulkan bunyi," kata Anjar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/11/162100315/jakarta-psbb-lagi-jangan-sampai-cakram-rem-mobil-berkarat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke