Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nissan Kicks e-Power Jadi Mobil Hybrid Termurah di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Kicks e-Power akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Mobil sport utility vehicle (SUV) yang mengusung dua mesin ini pun dibanderol dengan harga Rp 449 juta on the road Jakarta.

Artinya, Kicks e-Power menjadi mobil hybrid termurah yang ada dipasar otomotif Indonesia saat ini.

Seperti diketahui, sebelumnya gelar mobil hybrid termurah disandang oleh Toyota Corolla Cross Hybrid setelah mengalahkan harga saudaranya sendiri, yakni Toyota C-HR Hybrid.

Untuk banderol Corolla Cross Hybrid sendiri dipasarkan sebesar Rp 497,8 juta.

Sementara itu, untuk C-HR Hybrid saat ini dipasarkan oleh mulai dari Rp 546,29 juta hingga Rp 547,79 juta untuk varian dual tone-nya.

Cara kerja beda

Meski sama-sama mengusung teknologi hybrid, tapi cara kerja yang ditawarkan oleh Nissan melalui Kicks e-Power berbeda jauh dengan Corolla Cross maupun C-HR.

Kick e-Power hadir dengan mesin HR12DE tiga silinder berkubikasi 1.200 cc dan dikolaborasikan dengan motor listrik EM57.

Secara total, untuk urusan performa Nissan mengklaim Kicks e-Power mengantongi tenaga sebesar 129 tk dan torsi 260 Nm.

Tapi yang perlu diketahui, mesin bensin yang ada pada Kicks e-Power sama sekali tak berfungsi untuk menggerakan roda, namun hanya bertugas menyuplai tenaga ke baterai serta ke motor listrik.

Singkatnya, mesin bensin tersebut tidak terkoneksi ke drivetrain alias sistem penggerak, dah hanya berguna sebagai sebagai genset atau generator untuk memproduksi daya listrik ke baterai.

Sementara untuk gerak roda, 100 persen dikendalikan oleh motor listik.

Sensasi baru

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan Indonesia, mengatakan kehadiran Kicks e-Power memberikan sensasi baru dari sebuah kendaraan listrik, khususnya bagi konsumen di Tanah Air.

"Debut all-new Nissan Kicks e-Power di Indonesia adalah pionir dan solusi inovatif bagi konsumen yang menginginkan sensasi berkendara dan efisiensi mobil listrik, tanpa perlu repot dengan charging," ucap Sekiguchi, Rabu (2/9/2020).

"Nissan membuat Kicks e-Power sebagai pendukung mobilitas yang handal, canggih, efisien, dan menyenangkan bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman mengendarai mobil listrik," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/03/064000615/nissan-kicks-e-power-jadi-mobil-hybrid-termurah-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke