Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alternatif Kurangi Kecelakaan Tol Cipali karena Tanpa Pembatas Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Angka kecelakaan di Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) terbilang tinggi. Pada Senin (10/8/2020), sebuah mobil oleng bahkan sampai menyeberang jalur, dan menghantam kendaraan yang sedang melaju dari arah berlawanan.

Dari sekian banyak kejadian, mobil yang berpindah jalur ke arah yang berlawanan menjadi kasus yang cukup sering terjadi.

“Ini informasi yang saya terima tahun 2020, sudah 11 kali kecelakaan yang berpindah jalur,” ucap Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto, dilansir dari NTMC Polri, Selasa (11/8/2020).

Menurut dia, Tol Cipali tak memiliki pagar pembatas jalan sehingga memperbesar risiko kendaraan menyeberang ke jalur yang berlawanan.

Terlebih lagi, kondisi jalan yang minim penerangan membuat pengendara sulit berkonsentrasi saat malam hari.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kecelakaan di Tol Cipali biasanya disebabkan karena faktor kelalaian pengemudi.

Salah satunya karena kelelahan setelah menempuh rute panjang, misalnya saat berkendara dari Jawa Tengah menuju Jakarta.

“Ada beberapa cara yang dapat membantu mengurangi tingkat kecelakaan. Pertama, dengan pembatasan waktu tempuh bagi para pengemudi,” ujar Sony kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Sebagai ilustrasi, seorang pengemudi berkendara Jakarta-Cirebon sejauh 300 km. Jarak tersebut jika ditempuh dengan kecepatan rata-rata 80 kpj, maka didapat waktu tempuh 3 jam 45 menit.

Pengemudi dapat diberi sanksi jika berkendara lebih cepat dari waktu standarnya, dengan menyedot saldo dari uang elektronik.

Caranya dengan merekam waktu saat ia melakukan tapping Tol Cipali di wilayah Cikampek sampai melakukan tapping lagi di Gerbang Tol Palimanan.

“Pembatasan waktu tempuh para pengemudi dihitung dari rata-rata kecepatan ideal (60-80 kpj), dihitung saat pengemudi tapping masuk tol, sampai di gerbang tol berikutnya atau tempat dia keluar. Kan terekam jamnya,” kata Sony.

Selain itu, karena ruas jalan yang panjang, ada baiknya Tol Cipali memasang speed bump di setiap 5 km. Hal ini bisa membuat pengemudi selalu sigap dan waspada dengan kondisi sekitar.

“Ketiga, dengan mewajibkan driver masuk rest area dengan imbalan gratis biaya makan atau kopi, sehingga driver lebih terkontrol dan sadar dengan fatigue-nya,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/13/082200115/alternatif-kurangi-kecelakaan-tol-cipali-karena-tanpa-pembatas-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke