Salin Artikel

Tips Aman Mengemudi Sambil Mendengarkan Musik

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengemudi mobil selama melakukan perjalanan, yakni mendengarkan musik.

Aktivitas ini bisa menjadi salah satu cara sang sopir maupun penumpang untuk mengusir rasa bosan, penat maupun lelah selama menempuh perjalanan.

Mendengarkan musik selama mengemudi memang tidak begitu bahaya ketimbang mengendarai sepeda motor. Meski begitu, bukan berarti sopir bisa semaunya memutar lagu atau bahkan terbius dengan hentakan irama musik yang diputarnya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan mendengarkan musik sambil mengendarai mobil pada dasarnya sah-sah saja.

Hanya saja, memang ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan oleh seorang pengemudi agar musik tidak mengganggu konsentrasinya selama berkendara.

“Pada prinsipnya nyetir kan harus ada hal-hal yang menunjang kenyamanan dan paling tidak membuat suasananya tidak boring, salah satunya dengan mendengarkan musik,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Sony juga mengatakan, agar tetap aman saat mendengarkan musik sambil mengemudi yang harus diperhatikan adalah tingkat volumenya.

“Volumenya tidak terlalu keras, karena volume yang keras membuat komunikasi atau suara yang ada di luar kabin menjadi tidak terdengar,” ujarnya.

Kemudian, Sony menambahkan, jenis musik yang diputar sebaiknya tidak membuat mood atau emosi pengemudi menjadi berubah.

Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan cara mengemudi seseorang lantaran terpengaruh dari alunan musik yang didengarkannya.

“Tidak mengubah mood atau emosi pengemudi, misalnya musik berkarakter keras (rock) yang bisa membuat gaya mengemudi agresif atau lagu melow yang bisa membuat mata jadi ngantuk,” tuturnya.

Sony juga menyarankan, selama mendengarkan musik sebaiknya pengemudi tidak ikut bernyanyi. Hal ini karena saat pengemudi ikut bernyanyi otomatis konsentrasinya juga akan terpecah.

“Tidak (perlu) ikut menyanyi, karena fokus jadi terbagi hal ini membuat respons pengemudi lambat,” katanya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan lagi ketika mendengarkan musik adalah alunan musik jangan sampai membuat suasana di dalam kabin menjadi gaduh layaknya konser.

“Jadi mendengarkan musik tidak boleh sambil dihayati,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/30/124100215/tips-aman-mengemudi-sambil-mendengarkan-musik-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.