Salin Artikel

Mobil Susah Distarter, Penyebabnya Bukan Cuma Aki Soak

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki menjadi salah satu komponen mobil sering disalahkan ketika mobil sulit dinyalakan atau distarter. Padahal selain akumulator, ada komponen lain yang bisa menjadi penyebab kenapa mobil sulit dihidupkan.

Sehingga untuk memastikan penyebabnya harus dilakukan pengecekan pada komponen lainnya. Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, saat mobil susah dinyalakan penyebabnya tidak hanya ada pada kondisi aki yang kurang bagus.

Tetapi, ada kemungkinan yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter terutama pada pagi hari.

“Penyebabnya ada macam-macam, mulai dari pengapian sampai bahan bakarnya,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk masalah pengapian, Didi menambahkan, bisa saja disebabkan busi yang sudah tidak bagus lagi dan sudah waktunya diganti.

“Bisa juga busi sudah tidak bagus, kalau usia pemakaian busi yang tipe biasa berkisar 20.000 kilometer, kalau yang tipe iridium bisa lebih lama sampai 100.000 kilometer,” ucapnya.

Selain busi, Didi juga mengatakan, masalah lain yang bisa menyebabkan mobil susah dinyalakan bisa juga dari kondisi coil dan juga ECU.

“Coilnya juga bisa atau bahkan ECUnya juga bisa menjadi penyebabnya. Dan untuk menemukan penyebabnya harus dilakukan pengecekan,” kata Didi.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, penyebab mobil susah distarter bisa juga dari kondisi dinamo starter atau dinamo ampere.

“Dinamo ampere yang rusak akan berakibat pada aliran listrik, efeknya baterai tidak akan bisa terisi arus meskipun aki dalam kondisi baik,” kata Bambang.

Tetapi, Bambang mengatakan, umumnya kerusakan tersebut menimpa mobil-mobil yang usia pemakaiannya sudah lebih dari delapan tahun.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/28/130200915/mobil-susah-distarter-penyebabnya-bukan-cuma-aki-soak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.