Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Memanfaatkan Shift Lock pada Mobil Matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik mobil matik yang masih bingung soal cara mengoprasikan fitur shift lock meski sudah sering dibahas. Padahal, fitur ini sangat berguna bila paham bagaimana cara memanfaatkannya.

Terutama, shift lock dibutuhkan ketika mobil dalam kondisi parkir pararel yang mengharuskan roda dalam kondisi netral.

Perlu diketahui, sistem transmisi matik tidak seperti mobil manual yang bisa dicabut kuncinya saat transmisi pada posisi netral.

Oleh sebab itu, shift lock dibutuhkan sehingga tuas transmisi matik bisa digeser dari P (parking) ke posisi N (netral) ketika sedang parkir paralel.

Cara kerja shift lock sendiri biasanya berbeda-beda di tiap mobil. Paling sering ditemui wujudnya seperti tombol, terletak di dalam rangkaian tuas transmisi, umumnya di bagian samping atas.

Untuk mengaktifkan shift lock dengan model tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, sangat mudah untuk dilakukan. Pengemudi cukup mematikan mobil seperti biasa dengan tuas transmisi di posisi P lebih dulu.

Selanjutnya, kata Suparna, ada dua cara untuk menggunakan shift lock. Biasanya, ada dua cara, pertama dengan tombol, kemudian kedua dengan anak kunci.

"Untuk tombol, prosesnya matikan mobil seperti biasa dengan tuas di P. Setelah itu tekan tombol shift lock dan geser ke posisi N. Dengan demikian kunci mobil tetap bisa dilepas seperti biasa dan mobil bisa digeser,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com.

Sementara jenis shift lock yang kedua berupa lubang. Kebanyakan jenis yang seperti ini dipakai pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.

Secara fungsi memang tidak ada perbedaan dengan model tombol. Namun, menurut Suparna proses penggunaannya sedikit berbeda lantaran harus dicolok menggunakan anak kunci.

“Lubangnya itu berada di samping tuas transmisi. Jadi harus dicolok dengan anak kunci, kalau mobil yang pakai smart key atau remote itu kan tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat, anak kunci itu juga digunakan untuk mengaktifkan shift lock,” katanya.

Terakhir, Suparna mengingatkan jangan menarik rem tangan saat shift lock diaktifkan, karena akan sia-sia dan roda mobil kembali terkunci sehingga tidak bisa di dorong.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/24/114200115/begini-cara-memanfaatkan-shift-lock-pada-mobil-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke