Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Virus Corona Menyebar lewat Udara, Begini Cara Aman Naik Ojek Online

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna menghindari penyebaran virus corona saat naik ojek online, masyarakat harus menerapkan secara mandiri protokol kesehatan yang ketat. Cara ini dipercaya bisa mencegah penularan Covid-19 pada masa kenormalan baru.

Dr Andi Khomeini, Chairman Junior Doctors Network Indonesia, mengatakan, secara umum masyarakat yang naik ojek online harus menggunakan masker dan membawa helm sendiri untuk mengurangi paparan virus saat berkendara di jalan.

“Supaya aman, sebaiknya masyarakat membawa helm sendiri. Helm yang digunakan itu pun harus yang memiliki kaca penutup,” ujar pria yang disapa Koko itu dalam konferensi virtual di YouTube BNPB Indonesia, belum lama ini.

Selain itu, saat melakukan pembayaran, masyarakat disarankan menggunakan transaksi elektronik saja. Sebab, virus corona disebut bisa tersebar ke siapa saja lewat uang tunai yang menjadi media penularan.

Namun, jika masyarakat terpaksa menggunakan uang tunai, segera mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer agar tangan bisa kembali bersih.

Koko juga mengatakan bahwa driver dan pengguna ojek online harus memiliki kesadaran bahwa dirinya bisa menularkan penyakit ke orang lain meski tidak memiliki gejala sekalipun.

“Kalau kalian merasa sakit, entah itu driver atau penumpang, itu harus tanggung jawab supaya tidak menularkan ke orang lain,” katanya.

“Jadi kuncinya menerapkan protokol kesehatan. Kalau kita sudah menerapkan hal itu, maka naik ojek online sih oke saja,” ucap Koko.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/13/101200915/virus-corona-menyebar-lewat-udara-begini-cara-aman-naik-ojek-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke