Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pandemi, Mitsubishi Xpander AP4 Siap Lakukan Uji Coba Perdana

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) terpaksa membatalkan seluruh agenda Kejuaraan Nasional (kejurnas) tahun ini sebagai dampak dari pandemi virus corona alias Covid-19.

Kebijakan ini berlaku untuk seluruh kegiatan olahraga kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, termasuk Kejuaraan Nasional Reli Indonesia (Sprint Rally serta Speed Rally).

Meski dapat menerima dan memahami keputusan tersebut, beberapa tim tentu meninggalkan rasa kecewa, seperti XPANDER Rally Team (XRT). Tapi di samping itu, pembatalan jadwal balap juga jadi peluang tim untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi.

"Tentu kami ada rasa kecewa karena XRT sudah melakukan berbagai persiapan terutama pengembangan kendaraan yang akan menjadi kuda pacu utama yaitu Mitsubishi Xpander AP4," kata Julian Johan, Team Manager XRT dalam siaran resminya, Jumat (10/7/2020).

"Namun sebagai tim profesional, kami tidak boleh larut dalam kekecewaan, malah kondisi ini memberi kesempatan untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi menghadapi tahun 2021," lanjutnya.

Oleh karenanya, Jeje menyatakan bahwa dalam waktu dekat tim XRT akan melakukan sesi uji coba untuk Xpander AP4 di lintasan reli, baik gravel maupun aspal.

"Tentu saja dalam pelaksanaannya kami sesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19. Semoga uji coba tim XRT ini dapat menambah motivasi tim-tim lainnya untuk tetap semangat dalam menghadapi ajang reli nasional tahun depan," ujarnya.

Sementara itu Rifat Sungkar, pereli XRT yang juga turut membidani kelahiran XPANDER Rally Team, mengaku berharap besar Kejuaraan Nasional di tahun 2020 dapat berlanjut.

Apalagi FIA, otoritas otomotif dunia, sudah menjalankan kalender balap internasional yaitu Balap Formula 1 yang berlangsung di Austria. Tetapi dia menyadari bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum reda.

“FIA sudah kembali menggelar balap F1, tapi recovery di Indonesia ternyata butuh waktu yang lebih lama, mengingat Indonesia juga terkena pandemi beberapa bulan setelah virus ini merebak di negara lain,” ucapnya

Menurut Rifat momentum “istirahat”-nya Kejurnas balap di Indonesia harus dilihat sebagai kesempatan untuk melakukan persiapan dan pengembangan yang lebih sempurna dalam menghadapai balap 2021.

“Kejurnas Balap di Indonesia hanya “istirahat” bukan berhenti, loh,” ucap Rifat.

“Xpander AP4 sendiri sebetulnya telah siap sejak awal tahun namun belum dapat kesempatan untuk turun ke lintasan. Tentu saja saya excited menghadapi uji coba perdana ini,” ucap Rifat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/10/143700315/pandemi-mitsubishi-xpander-ap4-siap-lakukan-uji-coba-perdana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke