Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Eksplorasi Setelan Suspensi Motor, Biar Nyaman Berkendara di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai sepeda motor merupakan sarana transportasi utama bagi sebagian warga. Biaya yang ekonomis menjadi faktor utama motor belum bisa tergantikan moda transportasi umum yang ada di jalan. 

Intensitas mengendarai motor sehari-hari, maka kondisj perjalanan juga harus dibuat nyaman, salah satunya dengan memanfaatkan suspensi aftermarket.

Ketika mengganti suspensi motor dengan produk aftermarket, ada yang memberikan fitur setelan preload, rebound, dan compression.

Preload berfungsi untuk mengatur jarak main suspensi yang disesuaikan dengan berat rider dan boncengannya. Mengatur preload dilakukan agar suspensi tidak terlalu keras atau terlalu empuk yang menyebabkan mentok ke bagian bawah atau bottoming.

Lalu apa fungsi dari setelan rebound dan compression pada suspensi motor?

Teknisi Ohlins Indonesia, Zulfaisal mengatakan, mengatur suspensi motor dimulai dari preload, kemudian setelan rebound dan compression bisa dikatakan bagaimana karakter dari suspensi tersebut.

“Rebound mengatur keras (lambat) atau lembut (cepat) suspensi saat kembali ke atas. Sedangkan compression mengatur keras atau lembut suspensi saat turun ke bawah,” ucap Zulfaisal kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Zulfaisal mengatakan, menyetel rebound dan compression sangat berpengaruh pada penggunaan motor harian. Rebound bekerja pada saat jalan lurus dan keluar tikungan (saat buka gas). Compression bekerja saat mau masuk tikungan atau kena guncangan.

“Rebound dan compression mengatur suspensi saat motor akselerasi dan terkena guncangan. Semua kondisi jalan diredam oleh rebound dan compression,” kata Zulfaisal.

Setelah mengatur preload suspensi, akan ditemukan jarak main suspensi yang nyaman. Kemudian bisa rider bisa mengatur rebound dan compression disesuaikan dengan karakter yang diinginkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/03/104200815/eksplorasi-setelan-suspensi-motor-biar-nyaman-berkendara-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke