Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PSBB Transisi, Jumlah Pengguna Kendaraan Pribadi Sudah Hampir Normal

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki satu bulan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, kondisi lalu lintas di Jakarta terpantau mulai berangsur normal. Jumlah pergerakan kendaraan pribadi terpantau sudah hampir menyamai kondisi normal sebelum wabah Covid-19.

Hal ini diungkap oleh Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Susilo Dewanto dalam diskusi virtual bersama Institut Studi Transportasi (Intran), Selasa (30/6/2020).

Menurut Susilo, pengguna kendaraan roda dua masih mendominasi jalanan Ibu Kota atau sebanyak 72,8 persen.

Sementara itu, pengguna kendaraan roda empat sebanyak 26,5 persen dan kendaraan berat seperti bus dan truk 0,7 persen.

“Saat ini jumlah pengguna kendaraan pribadi di Ibu Kota sudah mendekati periode sebelum adanya pandemi, yaitu 96 persen,” ujar Susilo.

Susilo mengatakan, salah satu faktor yang membuat penggunaan kendaraan pribadi melonjak adalah kekhawatiran masyarakat yang tertular virus corona saat menggunakan angkutan umum.

Maka, tak heran jika mobilitas kendaraan di Jakarta telah mendekati kondisi normal pada masa PSBB transisi. Terlebih lagi, beberapa angkutan umum jumlahnya masih dibatasi.

Walau demikian, secara perlahan Pemprov DKI mulai mengajak masyarakat menggunakan kendaraan transportasi massal.

Pasalnya, beberapa moda transportasi mulai menjalankan protokol kesehatan ketat sesuai dengan yang dianjurkan pemerintah.

“Peningkatan penggunaan sepeda juga kami harapkan menjadi alternatif untuk mengajak masyarakat melakukan mobilisasi," kata Susilo.

"Itu juga dapat meringankan beban transportasi publik selama pembatasan kapasitas masih dilakukan,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/01/171824115/psbb-transisi-jumlah-pengguna-kendaraan-pribadi-sudah-hampir-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke