Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Abaikan Disinfeksi Motor Guna Mencegah Penyebaran Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengingatkan pentingnya melakukan disinfeksi pada kendaraan bermotor roda dua guna mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19.

Hal ini sebagaimana tercantum pada Pasal 11 Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PM 18 Tahun 2020 terkait Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona.

"Sesuai PM No.41/2020, demi mencegah penyebaran virus jangan lupa tetap melakukan disinfeksi pada sepeda motor sebelum dan setelah selesai digunakan minimal satu kali dalam sehari," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Senin (29/6/2020).

Hanya saja, penyemprotan disinfeksi kendaraan tidak perlu dilakukan ke seluruh bagian. Cukup pada bagian yang sering disentuh saja karena bisa berdampak buruk.

"Cairan disinfektan perlu digunakan untuk permokaan yang sering dipegang, seperti gagang pintu atau setir kemudi. Tidak perlu menyemprot ke udara, apalagi di bagian luar mobil," kata Dokter Rumah Sakit Al Huda Banyuwangi, Febrina Sugianto kepada Kompas.com.

"Jangan pula menggunakan cairan itu ke tubuh manusia, sebab disinfektan hanya diperuntukan untuk permukaan benda," lanjutnya.

Pada kesempatan sama, Febrina juga mengatakan bahwa berdasarkan studi dari National Institute of Health di Amerika Serikat, virus corona bisa bertahan 2-3 hari di atas plastik dan stainless steel bahkan 28 hari di suhu rendah.

"Virus ini bisa dinonaktifkan dalam satu menit hanya dengan disinfektasi. Gunakan alkohol 60-70 persen atau 0,5 persen hydrogen peroxide, atau bleach dengan 0,1 persen sodium hypoclorite," kata dia.

Selain itu, diimbau untuk para pengendara selalu mengenakan masker dan sarung tangan saat berkendara. Lengkapi juga perlengkapan berkendara dengan turut membawa hand sanitizer.

"Bila kondisi kesehatan tidak sedang fit atau suhu tubuh di atas normal, jangan memaksakan diri," kata Adita.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/01/090200815/jangan-abaikan-disinfeksi-motor-guna-mencegah-penyebaran-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke