Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Untung Memelihara Vespa Excel

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah berumur Vespa Excel 150 tetap populer. Tak jarang skuter merek Italia itu justru diminati anak muda sebagai alat transportasi sehari-hari.

Endry, pemakai Vespa Excel 150 mengatakan, ada beberapa keuntungan yang membuat skuter produksi PT Danmotor tersebut masih nyaman untuk dipakai harian.

"Buat saya pakai Excel enak ya, karena dia secara umur juga tidak terlalu tua. Kaki-kaki, bodi dan mesinnya termasuk masih enak buat harian," kata Endry kepada Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Selain itu karena terbilang belum tua-tua amat, tidak sulit mencari suku cadang, baik spareparts original, kualitas (KW) sampai komponen aftermarket jika ingin upgrade sesuatu.

"Enaknya naik Excel itu spareparts masih gampang dicari, ibaratnya ke Otista (pusat aksesori motor di Jakarta Timur) ada semua. Beda mungkin sama model lain yang mesti ada inden," katanya.

"Begitu juga harga spareparts-nya masih lumayan. Pun kalau kita mau upgrade ke aftermarket masih bisa. Ya memang keluarga large frame lebih terjangkau ketimbang main small frame," ucap Endry.

Untuk perawatan kata Endry pada dasarnya Excel sama seperti Vespa klasik atau bermesin 2-tak lainnya. Intinya yaitu telaten, rajin servis, kemudian perhatikan dek karena rawan karat.

"Mesin bisa semua (bengkel) menurut saya. Paling kalau hujan-hujanan kita lap karena besi rawan karat. Tidak dinaikkan waktu lagi di standar karena bikin dek naik," katanya.

Vespa Excel hadir pada akhir tahun 1980-an di Indonesia. Saat meluncur, model ini cukup fenomenal dan dianggap sebagai model dengan kasta tinggi. Excel baru setop produksi pada 2006.

Beberapa fitur unggulan Excel 150 ialah sudah memakai elektrik starter. Kemudian jok standar sudah menyatu, punya airscoope dan windshield kecil, yang mungkin hanya ditemukan di model ini.

Fitur lainnya yaitu dibekali lampu sein depan belakang, bak oli samping terpisah, maupun ban cadangan. Sedangkan mesinnya merupakan pengembangan dari Vespa P150X Exclusive.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/30/092200315/untung-memelihara-vespa-excel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke