Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Jazz Baru Bakal Punya Mesin Hybrid Berteknologi F1

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah meluncur pada akhir tahun 2019, Honda telah menyiapkan sesuatu yang baru untuk Jazz. Hatchback kompak ini bakal mendapat teknologi mesin hybrid baru yang diadopsi dari mobil balap Formula 1.

Dengan pengalaman dari tim balap F1, Honda tengah merancang Hybrid Power Unit (PU) ke dalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV.

Pada balap musim lalu, teknologi hybrid ini telah dimanfaatkan tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso, lewat mesin Honda RA620H 1.600 cc 6-silinder dengan energy recovery system.

Yasuaki Asaki, Head of PU Development Honda Motor Europe, dalam keterangan resmi (25/6/2020), mengatakan, pihaknya telah mengukur dengan cermat berapa banyak bensin yang dikonsumsi mobil dalam sebuah balapan.

Ada beberapa situasi yang mengharuskan mobil mendapat suplai bahan bakar lebih banyak. Namun ada juga saat mobil harus menghemat bahan bakar lebih banyak, misalnya saat mobil sedang berjalan di belakang safety car.

“Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” ucap Asaki.

Lewat pengalaman itu, Honda tengah merancang mesin hybrid dengan efisiensi tinggi dan tenaga besar, khususnya lewat mesin e:HEV pada All New Honda Jazz.

Mesin ini akan terdiri dari dua buah motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus.

Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, All New Honda Jazz kini dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear.

Transmisi ini dapat menciptakan koneksi secara langsung di antara beberapa komponen. Hal ini menghasilkan torsi yang halus dan responsif saat berakselerasi di semua mode berkendara.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/25/164349815/honda-jazz-baru-bakal-punya-mesin-hybrid-berteknologi-f1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke