Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurus Menghemat Konsumsi BBM Mobil di Masa Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19 atau virus corona, roda perekonomian menjadi tersendat. Untuk itu, ada baiknya berhemat dalam hal apa pun. Termasuk dalam hal konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Mobil yang konsumsi BBM-nya boros, dapat membuat biaya operasional kendaraan atau ongkos transpor bertambah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan pengemudi mobil untuk dapat berhemat.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, konsumsi BBM itu berpengaruh pada dua hal, yakni performa mesin dan cara pemakaian.

Misalnya, jika ada kerak berlebihan di mesin, dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

"Itu berefek pada power yang tak maksimal dihasilkan, sehingga mesin butuh lebih banyak BBM. Kemudian misalnya komponen pengapian, busisnya tidak berfungsi penuh, sehingga mendorong penggunaan bahan bakar lebih besar dan lainnya,” ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Secara tidak langsung, melakukan perawatan berkala ke bengkel wajib hukumnya, dan jangan ditunda-tunda jika sudah waktunya.

Kemudian dari faktor berkendara juga ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat konsumsi BBM mobil lebih irit.

Pertama, jangan terlalu lama memanaskan mesin kendaraan, cukup kurang lebih 1 menit. Lalu, untuk pemilik mobil bertransmisi manual, biasakan melakukan perpindahan gigi pada putaran 2.000 rpm hingga 3.000 rpm.

Hindari akselerasi dan pengereman mendadak, bila tidak diperlukan. Selain itu, gunakanlah tekanan angin pada ban kendaraan sesuai spesifikasi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/19/194200615/jurus-menghemat-konsumsi-bbm-mobil-di-masa-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke