Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kolaborasi Vespa dengan Brand Fashion, Luncurkan 946 Christian Dior

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa lebih menempatkan dirinya sebagai barang gaya hidup dan bagian dari fashion ketimbang sekadar kendaraan roda dua. Beberapa tahun lalu, pabrikan asal Italia ini bekerja sama dengan brand fashion Emporio Armani.

Sukses dengan Armani, Vespa kembali menjalin kerja sama serupa. Kali ini, Vespa menggandeng Christian Dior untuk meluncurkan 946 edisi spesial. Fakta unik di balik kerja sama ini, Vespa dan Christian Dior sama-sama didirikan pada tahun 1946.

Michele Colaninno, CEO Immsi Group dan Chief of Product and Marketing Strategy Piaggio, menyampaikan, kerja sama ini belum pernah terjadi. The House of Dior pertama dibuka tahun 1946 di Paris, tahun yang sama dengan debut Vespa di Italia.

"Kelahiran Vespa 946 ini turut merayakan hari jadi dan menghormati warisan kedua merek kami. Hari ini, seperti sebelumnya, kita telah melalui masa kelam dan sekarang kami bergabung untuk berbagi joie de vivre melalui kombinasi gaya dan keterampilan," ujar Colaninno, dalam keterangan resminya.

Vespa 946 Christian Dior dirancang oleh Maria Grazia Chiuri, seorang Creative Director untuk koleksi busana wanita di Dior. Skuter ini akan diproduksi di Italia, demi penerapan standar dan komitmen yang tepat, serta presisi layaknya seorang perancang adibusana.

Terinspirasi dari desain sadel Vespa 946 yang khas, casing atas dihiasi oleh motif Dior Oblique yang didesain oleh Marc Bohan pada tahun 1967 dan khusus untuk dipasang di rak bagasi untuk memberikan daya tarik yang unik. Helm khusus juga dihiasi dengan motif ikonik yang serupa sehingga semakin mengukuhkan keunikannya.

“Kemitraan khusus antara dua merek kenamaan dikukuhkan atas nama gairah, kesempurnaan, dan seni kehidupan menawarkan kesempatan untuk menegaskan kembali ikatan inspiratif yang menyatukan Dior dengan budaya Italia,” kata Pietro Beccari, Chairman dan CEO Christian Dior Couture.

Ubahan hanya terjadi pada tampilan luarnya saja, sedangkan fitur, mesin, dan lainnya masih sama seperti 946 standar.

Skutik ini baru akan dipasarkan mulai musim semi 2021 di butik Dior di seluruh dunia dan kemudian di diler Motoplex Piaggio Indonesia pilihan.

Sayangnya, belum diumumkan secara resmi berala harganya. Namun, sebagai gambaran, 946 Emporio Armani dibanderol Rp 196 juta saat diluncurkan 2015 lalu.

Data spesifikasi Vespa 946:
Mesin
Tipe Mesin : L.E.M, 3 Katup, 4 tak silinder tunggal
Kapasitas Silinder : 124 cc
Sistem Pengapian : Camshaft tunggal dengan rantai cam
Kecepatan Maksimum : 93 km/jam
Sistem Pendinginan : Udara
Transmisi : Automatic CVT dengan pengatur torsi
Sistem Bahan Bakar : Injeksi elektronik dengan diameter throttle body Φ28
Dimensi
Panjang : 1.965 mm
Lebar : 730 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.405 mm
Kapasitas Tangki 8.5 L
Emisi : Euro 3
Kaki-Kaki
Suspensi Depan : Lengan ayun model tunggal dengan per keong dan peredam kejut tunggal hidrolik
Suspensi Belakang : Peredam kejut tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan
Ban Depan : Tubeless 120/70 – 12″ 51P
Ban Belaakng :Tubeless 130/70 – 12″ 62P
Rem Depan : Cakram 220 mm
Rem Belakang : Tromol 220 mm

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/13/092200615/kolaborasi-vespa-dengan-brand-fashion-luncurkan-946-christian-dior

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke