Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Isi BBM Perlu Goyangkan Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com- Di zaman modern seperti sekarang ini masih ada saja pemilik mobil yang menggunakan cara kuno, saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU. Kebiasaan itu seperti menggoyangkan bodi mobil saat petugas melakukan pengisian.

Banyak yang masih percaya jika kebiasaan lama ini bisa membuat tangki bahan bakar menampung BBM lebih banyak.

Padahal, cara tersebut justru berbahaya karena bisa berpotensi menimbulkan percikan api dan menyebabkan kebakaran.

Kepala SPBU Pertamina MT Haryono Paimin mengatakan, kebiasaan menggoyangkan mobil saat proses pengisian BBM berlangsung, bisa berbahaya.

Hal ini disebabkan karena nozzle bisa bergesekan dengan lubang tangki saat pengisian berlangsung. Bukan tidak mungkin, dari adanya gesekan tersebut akan menimbulkan percikan api.

“Ujung nozzle kan terbuat dari besi atau baja, dikhawatirkan kalau mobil digoyang-goyang justru akan terjadi gesekan. Sebab, di lubang tutup tangki di ujungnya juga berbahan pelat,” kata Paimin kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Paimin juga mengatakan, meskipun gesekan yang terjadi cukup kecil tetap saja bisa memicu munculnya listrik statis.

Selain itu, jika hal ini terjadi, bisa saja muncul api dan mudah tersambar oleh BBM yang mengalir.

“Yang ditakutkan terjadi listrik statis tadi. Karena itu, saat mengisi bensin biasanya kita angkat sedikit nozzelnya, jadi tidak menyentuh langsung atau istilahnya tidak ada bonding pada nozzle dengan lubang tangki. Sehingga lebih aman dan tidak berisiko,” tutur Paimin.

Pada kesempatan berbeda, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika kebiasaan menggoyangkan mobil saat mengisi BBM tidak ada gunanya.

Menurutnya, mungkin ada yang beranggapan dengan menggoyangkan mobil maka udara yang ada di dalam tangki akan cepat keluar.

Padahal, tanpa digoyang pun udara yang ada di dalam tangki bahan bakar juga akan keluar dengan sendirinya saat terisi bensin.

"Udara di dalam tangki dipercepat keluarnya saja mas, tidak digoyang juga tidak apa-apa karena udara pasti akan ke atas karena terdesak oleh bensin," kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/09/130200115/mitos-atau-fakta-isi-bbm-perlu-goyangkan-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke