Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Wanita Belajar Menyetir Lebih Lama Ketimbang Pria?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pendapat yang mengatakan, bahwa pria memiliki kemampuan mengemudi mobil lebih ahli dibandingkan wanita.

Kaum hawa juga dianggap membutuhkan waktu belajar yang lebih lama untuk dapat mengendarai mobil karena memiliki respons yang lebih lambat dari pria.

Saat mengendarai mobil, wanita kerap kali mengalami kesulitan terutama ketika mau parkir. Alasannya, terjadi karena wanita mudah gugup dan panik, sedangkan pria lebih berani dan memiliki perhitungan percepatan yang jauh lebih baik.

Namun, kesimpulan ini ditepis oleh Training Director The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan, menurutnya perempuan atau laki-laki memiliki kemampuan yang sama.

“Biasanya yang buat lama dalam memilki kompetensi mengemudi baik wanita ataupun laki-kali, adalah karena pikiran berlebihan dari si pengemudi itu sendiri,” ujar Marcell kepada Kompas.com.

Marcell melanjutkan, ketika belajar mengemudi memang dibutuhkan kesabaran, jangan berharap langsung lihai.

"Biasakan untuk percaya diri memegang setir, menghadapi tikungan, menyalip jalan, dan sering berlatih untuk parkir kendaraan," katanya.

“Untuk belajar menyetir hanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi urusan parkir butuh waktu hingga berbulan-bulan karena memang tingkat tersulit dari mengendarai mobil adalah dapat menguasai cara parkir dengan baik,” kata Marcell.

Selain itu, Marcell juga memberi saran kepada pengemudi pemula wanita untuk percaya diri dan jangan panik, karena hal itu bisa membuat tidak fokus dan mudah terdistraksi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/01/084200315/mitos-atau-fakta-wanita-belajar-menyetir-lebih-lama-ketimbang-pria-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke