Salin Artikel

Jangan Gaya-gayaan Wheelie di Jalanan, Bisa Bikin Celaka

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya aksi wheelie di jalan raya mendapat perhatian dari stunt rider profesional. Disarankan bahwa sebaiknya bakat dari para pemotor tersebut disalurkan secara benar.

Maksudnya secara benar adalah di tempat yang aman, bukan di jalan umum, dan dengan menggunakan perlengkapan atau pelindung badan yang layak.

Sebab, melakukan wheelie di jalan raya tak hanya melanggar lalu lintas, tapi juga berpotensi mencelakakan pengguna jalan lainnya.

Reza Syahdri Sihombing, stunt rider profesional, mengatakan, di setiap kota sekarang ini sudah ada stunt rider, dari Aceh sampai Papua. Tinggal dicari saja di media sosial, kirim pesan, dan tanya latihannya di mana.

"Mereka pasti punya tempat latihan yang aman, yang bukan di jalanan umum, seperti di lapangan atau parkiran," ujar pria yang akrab disapa Reza SS, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Untuk asosiasinya sendiri, dinamakan Indonesian Stuntride Association (ISA) yang merupakan asosiasi utama para stunt rider di Indonesia. Sementara untuk media partner, ada Stuntmagz ID yang juga menjadi promotor kompetisi.

"Jadi, tidak hanya bisa wheelie, tapi bisa juga berprestasi. Ada beberapa stunt rider lokal yang pernah berkompetisi hingga ke luar negeri," kata Reza SS.

Reza SS sendiri boleh dibilang menjadi stunt rider Indonesia pertama yang go Internasional. Ketika stunt rider lain masih berkutat di dalam negeri, Reza SS sudah lebih dulu ikut kompetisi di Thailand.

Saat itu, Reza SS berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai Burapa Stunt Battle 2012 yang digelar di Pattaya, Thailand.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/29/134100315/jangan-gaya-gayaan-wheelie-di-jalanan-bisa-bikin-celaka

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.