Salin Artikel

Polda Metro Jaya Tetap Buka Layanan Pembuatan SIM Baru dan Hilang

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan penerbitan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di wilayah hukum Polda Metro Jaya masih ditutup sementara hingga 29 Juni 2020.

Keputusan ini sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor 1473 yang dilayangkan pada 18 Mei 2020. Meski demikian, pelayanan untuk pembuatan SIM baru, hilang, dan rusak masih tetap buka.

Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin mengatakan, pelayanan selama pandemi dibatasi. Adapun jam operasionalnya sendiri hanya dari pukul 08.00 sampai 13.00 WIB pada Senin-Jumat.

"Sedangkan hari Sabtu pukul 08.00 - 12.00 WIB. Ini dilakukan guna mengurangi antrean di area Satpas demi mencegah penyebaran virus corona," katanya di keterangan tertulis, Kamis (28/5/2020).

Khusus bagi pemegang SIM yang sedang dalam status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP), serta sedang menjalani masa karantina, dapat dispensasi.

"Mereka yang bersangkutan boleh memperpanjang dokumen-dokumen setelah dinyatakan sehat. Ini termasuk bagi suspect," ujar Hedwin.

"Pemilik SIM masa berlakunya habis di periode 17 Maret - 29 Juni 2020 mendapatkan dispensasi untuk perpanjangan setelah tanggal 29 Juni," lanjut dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/29/130100715/polda-metro-jaya-tetap-buka-layanan-pembuatan-sim-baru-dan-hilang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.