Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan New Normal, Jasa Marga Siapkan Transaksi Tol Tanpa Berhenti

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah perusahaan diprediksi bakal beradaptasi dengan skema kehidupan baru alias ‘new normal’. Salah satunya Jasa Marga yang akan berinovasi dengan teknologi transaksi gerbang tol tanpa berhenti.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, sebelumnya pihaknya telah berinovasi mengembangkan transaksi elektronik.

Beruntung sistem tersebut sudah digunakan mulai 2017, yang turut berperan penting mengurangi penyebaran virus corona.

Lantaran transaksi sebelumnya mengharuskan operator bertatap muka langsung dengan pengemudi.

“Jasa Marga saat ini mengembangkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) dengan single lane, dan saat ini kami sedang melakukan perluasan uji coba di Provinsi Bali, di jalan tol Bali-Mandara,” ujar Dwimawan, dalam konferensi video (27/5/2020).

Uji coba sistem transaksi Single Lane Free Flow (SLFF) di jalan tol diberi nama FLO, yang merupakan sistem pembayaran Tol Prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker.

Teknologi ini menggunakan RFID serta menggunakan sumber dana berbasis voucher elektronik, seperti layaknya telepon genggam.

Artinya, teknologi ini akan memudahkan pengemudi saat melakukan transaksi di gerbang tol. Jika sebelumnya harus melakukan tapping, kini mobil bisa melakukan transaksi tanpa berhenti.

“Menghadapi new normal, hal ini sangat menguntungkan sekali bagi pengguna jalan. Kurang lebih ada 1.000 kendaraan di sana yang uji coba implementasi di lapangan,” kata Heru.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/28/134100015/persiapan-new-normal-jasa-marga-siapkan-transaksi-tol-tanpa-berhenti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke