Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda C70 Street Cub, Dibangun Ekstrem meski Dianggap Minoritas

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom yang populer mungkin dibangun dengan basis motor sport atau biasa disebut juga "motor batangan". Sementara, motor custom dari basis motor bebek bisa dibilang cukup sedikit populasinya.

Gaya andalan motor bebek yang dijadikan motor custom adalah street cub. Meski demikian, jika dibandingkan dengan tracker, cafe racer, scrambler, populasi street cub relatif lebih sedikit.

Salah satu peminatnya adalah Dickson William, builder dari Newline Special yang berlokasi di Jakarta Utara. Pria ini sengaja membangun street cub dengan basis Honda C70 karena memiliki sejarah bersama dan nilai sentimentil tersendiri.

"Motor ini sudah beberapa kali mengalami ubahan, tapi hanya untuk daily ride. Akhirnya, jadilah seperti sekarang ini," ujar Dickson, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dickson menceritakan soal konsep yang digunakannya pada street cub garapannya tersebut. Dirinya menyukai street cub karena dimensinya yang pendek dan padat.

"Saya sudah terbiasa melihat street cub pada umumnya. Akhirnya, kita pilih konsep yang cukup ekstrem ini. Walaupun, di Indonesia sendiri mungkin peminat dan yang suka gaya ini minoritas saja," kata Dickson.

Dickson menambahkan, dikatakan ekstrem karena dari rangka yang ada, hanya bagian tangki bensin saja yang dipertahankan. Sisanya, merupakan hasil custom seluruhnya.

"Bagian tersulit saat membangun motor ini sewaktu mengubah rangkanya. Selain itu, pembuatan pelek belakang juga cukup rumit. Total pengerjaan motor ini memakan waktu hingga 4 bulan," ujar Dickson.

Sektor mesin sedikit kena sentuhan. Blok mesinnya sudah diganti dengan milik Honda Blade dan bagian filter dibuat terbuka.

Data spesifikasi Honda C70 oleh Newline Special:
Bodi: Custom
Lampu depan: Aftermarket
Rem belakang: Brembo
Handgrip: Aftermarket
Pelek depan: Harley-Davidson FXR 18”
Pelek belakang: Custom monoblock steplips 16”
Ban depan dan belakang: Avon Cobra
Jok: Custom
Setang: Custom
Sokbreker: Custom
Knalpot: Custom

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/23/094200315/honda-c70-street-cub-dibangun-ekstrem-meski-dianggap-minoritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke