Salin Artikel

Perilaku Salah yang Kerap Dilakukan Saat Memakai Seat Belt

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, salah satu perlakuan salah yang kerap dilakukan ialah menarik seat belt terlalu keras.

"Menarik seat belt secara kasar atau terlalu cepat, dan tidak mengembalikannya seperti semula. Membuat sabuk tidak mau kembali ke posisi semua atau terasa macet," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu kesalah lain ialah mengabaikan kebersihan seat belt. Bambang mengatakan, sama seperti komponen lain di dalam kabin, sabuk pengaman juga perlu dibersihkan secara rutin.

"Cara merawatnya bisa dengan menjaga kebersihannya, khususnya bagian inner seat belt. Bersihkan dari sisa makanan atau benda kecil, misalnya peniti yang dapat menyebabkan seat belt tersangkut," ujarnya.

Saat membersihkan seat belt pun jangan asal. Bambang mengatakan, cara terbaik ialah dibersihkan dengan air sabun yang dibasuh dengan kain lap.

Khusus untuk mobil tua yang seat belt-nya sudah mengeras, sebaiknya diganti dengan yang baru dan hindari membeli seat belt bekas.

"Karena kita tidak pernah tahu bagaimana riwayat penggunaan oleh pemilik sebelumnya," kata Bambang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/20/074200915/perilaku-salah-yang-kerap-dilakukan-saat-memakai-seat-belt

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.