Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Distribusi Terkendala, Konsumen Renault Triber Batalkan Pemesanan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) tak menampik bahwa terkendalanya pengadaan dan distribusi unit Renault Triber di Indonesia berdampak pada pembatalan pemesanan oleh beberapa calon konsumen.

Pasalnya, mobil keluarga berharga murah tersebut mengalami penundaan pengiriman hingga lima bulan sejak perencanaan awal. Kendati demikian, diklaim masih cukup banyak pembeli yang setia menunggu.

"Keterlambatan ini hanya masalah kesiapan di negara pengekspor saja. Kami di Indonesia hanya mengikuti jadwal pengiriman dari negara yang mengekspor Triber ke sini," kata Chief Operationg Officer (COO) PT MRI, Davy J Tuilan dalam diskusi virtual, Senin (18/5/2020).

"Kemudian ini memang waktunya cukup panjang dari kami mulai memperkenalkannya di GIIAS 2019. Memang harus diakui ada beberapa inden yang batal karena mereka tidak bisa menunggu terlalu lama," lanjut dia.

Adapun terkait angka pemesanan Triber saat ini, Davy enggan mengungkapkannya. Ia menyebut bahwa saat ini pihak diler tengah melakukan pendataan ulang usai kehadiran unit Triber transmisi manual di Indonesia.

"Total inden sejak kita perkenalkan di GIIAS 2019 itu ada sekitar 1.500 SPK. Tapi karena ada yang tidak bisa menunggu lama, kami lakukan pendataan lagi. Lalu ada juga konsumen yang tadinya mau menunggu varian matik, tapi begitu lihat manual dia memutuskan pindah," ujar dia.

Pada kesempatan sama, Davy menjanjikan bahwa Triber varian manual akan masuk proses pengiriman ke konsumen dalam waktu dekat. Mobil disebut sudah sampai diler pada Jumat (15/5/2020) lalu.

Kemudian untuk Triber varian otomatis, masih belum dipastikan kedatangannya karena negara pengekspor, yakni India, sedang mengalami kendala imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

"Sampai sekarang kita terus komunikasi dengan pihak India bagaimana mempercepat kehadiran Triber Amt ke sini. Belum fix, tapi kemungkinan produksi akan dilaksanakan pada Agustus. Jadi, bisa dikirim pada akhir Agustus atau September mendatang," ucap Davy.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/19/154200815/distribusi-terkendala-konsumen-renault-triber-batalkan-pemesanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke