Salin Artikel

Penyebab Rem Tangan Kurang Pakem

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kampas rem di setiap roda, kampas rem parkir atau rem tangan juga butuh perhatian. Sebab rem tangan pada mobil memiliki tugas yang tidak kalah penting sebagai piranti keselamatan.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), ada cara mudah mengetahui rem tangan sudah tidak berkerja maskimal, yakni ketika rem tangan ditarik tapi seolah tidak gigit.

"Saat gunakan rem tangan, begitu kita tarik ada bunyi klik. Misalkan sudah mentok, tapi masih enggak menggigit remnya. Sebenarnya bisa di-adjust kembali remnya," kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika memang terasa sudah tidak gigit, maka ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama dengan menyesuaikan lagi tingkat kekencangan rem dan kedua yaitu mengganti kampas jika memang sudah habis.

"Jika rem tangan sudah ditarik hingga mentok tapi rem belum terasa pakem, sebenarnya masih bisa dilakukan penyetelan ulang. Hal ini mungkin saja terjadi pada mobil yang berumur, kabelnya memulur karena sering dioperasikan," katanya.

"Tapi selain itu kan mungkin saja kampas remnya yang juga sudah tipis. Jadi sebaiknya, diperiksakan terlebih dahulu kondisinya," kata Didi.

Didi mengatakan, kampas rem pada rem tangan bisa bertahan hingga lebih dari 5 tahun. Namun tidak final karena kembali ke kondisi masing-masing.

"Setiap servis di bengkel resmi, bagian rem selalu dilakukan pengecekan. Normalnya pengecekan dilakukan setiap 10.000 km," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/15/193100115/penyebab-rem-tangan-kurang-pakem

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.