Salin Artikel

Swingarm Pro-Arm Honda NSR 150 SP, Setara Motor Sport Eropa

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika lihat motor gede (moge) bagian yang membuatnya terkesan kekar ada di kaki-kakinya, seperti swingarm. Komponen ini memiliki fungsi penting, tak hanya sekadar penunjang estetika.

Pada umumnya, motor-motor sport dibekali dengan swingarm model konvensional dengan dua sisi lengan. Namun, sebagian motor juga ada yang menggunakan satu sisi lengan atau single-sided swingarm.

Swingarm model ini banyak digunakan oleh moge-moge sport seperti MV Agusta dan Ducati. Untuk Ducati, bahkan menjadi sudah menjadi ciri khas untuk menggunakan single-sided swingarm atau biasa juga disebut mono arm.

Pabrikan Jepang seperti Honda tak mau kalah. Di akhir tahun '80-an, Honda juga menggunakan mono arm pada beberapa motor buatannya. Swingarm model ini disebut dengan Pro-Arm.

Pro-Arm dikembangkan dari pengalaman Honda di dunia balap. Didesain oleh Elf, Pro-Arm pertama kali digunakan pada VFR400 NC24 yang diproduksi tahun 1987. Selanjutnya, Pro-Arm sudah menjadi ciri khas motor Honda seri VFR.

Pro-Arm dicetak menggunakan bahan aluminium. Swingarm model ini menawarkan keseimbangan rigiditas, ringan, serta kemudahan dalam bongkar pasang ban belakang, dan penyetelan rantai.

Keuntungan lain yang diberikan Pro-Arm, swingarm model ini memberikan ruang yang besar untuk knalpot, kemudahan mengakses monoshock, dan mengurangi bobot motor keseluruhan.

Honda termasuk salah satu pabrikan yang menyematkan swingarm model mono arm ini pada motor sport dengan kapasitas mesin yang kecil, yakni NSR 150 SP.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/11/184832015/swingarm-pro-arm-honda-nsr-150-sp-setara-motor-sport-eropa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.