Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sopir Truk Wajib Istirahat Meski Jalanan di Masa Pandemi Lengang

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah larangan mudik yang digulirkan oleh pemerintah, kendaraan angkutan termasuk armada yang mendapat pengecualian untuk tetap beroperasional.

Dengan adanya pembatasan kendaraan tersebut, otomatis jalanan menjadi lebih lengang dibandingkan pada hari-hari biasanya.

Terlebih menjelang Lebaran yang biasanya terjadi peningkatan kepada lalu lintas sekarang kondisinya cukup sepi.

Kondisi ini tentunya semakin membuat nyaman kendaraan besar seperti truk untuk melintas dan mengirimkan barang dari satu kota ke kota yang lainnya.

Meski kondisi lengang, bukan berarti sopir truk begitu saja mengabaikan waktu istirahat hanya demi lebih cepat sampai di tempat tujuannya.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, saat ini memang menjadi waktu yang menyenangkan bagi sopir truk di dalam menjalankan tugasnya.

“Sepi dan jauh dari gangguan, karena pengemudi mobil kecil yang selap selip kalau senggolan yang disalahkan truk atau sering rem mendadak yang disalahkan sopir truk juga,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Tapi, Sony menambahkan, dalam kondisi yang lengang ini tentunya juga harus disikapi dengan bijaksana. Harus tetap menjaga batas kecepatan sesuai dengan rambu dan selalu berada di lajur kiri.

“Sehingga lebih dapat mengatur jarak, waktu serta emosi. Jangan pernah lengah walau hanya sesaat waktu istirahat tetap dengan durasi waktu dan jarak yang sama,” ujarnya.

Sony juga mengatakan, jangan hanya gara-gara jalanan sudah lengang kemudian sopir langsung melakukan perjalanan dan mengabaikan waktu istirahat untuk mengembalikan staminanya.

“Jangan mentang-mentang kosong terus gaspos, untuk pengemudi truk maksimal setiap empat jam sekali diselingi dengan istirahat,” tuturnya.

Dengan begitu, maka kondisi fisik seorang sopir yang sudah lelah karena menempuh perjalanan cukup jauh bisa kembali segar setelah beristirahat.

“Tugas driver truk lebih berat jadi harus memperhatikan disiplin dan kualitas beristirahat yang benar. Yang dilakukan driver truk rata-rata sudah benar tidur di dalam kabin dan jalan lagi sesuai dengan jadwalnya, karena mereka sudah berhitung waktu ketibaannya,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/10/072200915/sopir-truk-wajib-istirahat-meski-jalanan-di-masa-pandemi-lengang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke