Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menolak Overstock, Pabrik Honda Masih Tutup hingga Akhir Mei

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mencegah penyebaran Covid-19, PT Honda Prospect Motor (HPM) telah menghentikan aktivitas pabrik sejak 13 April 2020. Sementara itu, kantor pusat memberlakukan work from home dan social distancing sesuai protokol pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Rencananya, penutupan pabrik masih terus dilakukan sambil menunggu kejelasan soal status PSBB selanjutnya dari pemerintah.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM, mengatakan, keputusan memperpanjang penutupan pabrik dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Sebelumnya kami sudah umumkan penutupan sampai akhir April. Terus kami putuskan untuk berhenti sampai akhir Mei. Supaya meyakinkan kondisi siklus di diler sehat, supaya tidak ada stok berlebih,” ujar Billy dalam konferensi video, Jumat (8/5/2020).

Sementara untuk kebutuhan ekspor, menurut dia, permintaannya selalu bergantung negara yang melakukan impor. Apalagi, beberapa negara tujuan ekspor saat ini masih berstatus lockdown.

“Kami akan menyesuaikan produksi, mengikuti permintaan pasar untuk domestik dan ekspor tentunya,” ucap Billy.

“Ekspor CBU saat ini masih menggunakan stok yang ada. Karena seperti Filipina dan Vietnam masih menunda beberapa importasi,” katanya.

Sebelumnya dikabarkan, pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah kembali beroperasi mulai 27 April lalu, sejak berhenti beraktivitas pada 10-24 April 2020.

Langkah awal yang dilakukan tidak langsung memulai kerja, tetapi lebih pada melatih karyawan melakukan proses produksi sesuai protokoler Covid-19.

Dalam keterangan resminya, Senior Executive Director PT ADM Erlan Krisnaring mengatakan, perusahaan akan memastikan seluruh proses produksi pabrik berjalan sesuai ketentuan pemerintah sehingga kesehatan dan keselamatan karyawan tetap terjaga.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/09/070200215/menolak-overstock-pabrik-honda-masih-tutup-hingga-akhir-mei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke