Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Overheat Jangan Dipaksa Jalan, Bisa Turun Mesin

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin mobil yang mengalami overheat sebaiknya jangan dipaksa terus berjalan. Dampaknya, bisa lebih parah, terutama pada bagian jantung pacu mobil itu sendiri.

Umumnya mesin mobil yang mengalami overheat, pasti memiliki masalah pada sistem pendinginan. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan pengecekan lebih detail.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sebaiknya pemilik mobil mendatangi bengkel ahli untuk dilakukan pengecekan. Hal ini untuk memastikan permasalahan yang terjadi pada mobil sehingga mesin mengalami panas berlebih.

Service Part Divison Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, mesin yang mengalami overheat bisa beragam penyebabnya.

“Tutup radiator juga bisa berpengaruh dan menyebabkan overheat. Ini karena kalau tutup rusak maka saat menutupnya tidak maksimal, akibatnya air pendingin bisa menguap keluar, jadinya air pendingin bisa berkurang,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anjar menambahkan, permasalahan lainnya juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada sistem pendingin. Sebagai contoh pada radiator, hose atau saluran perpipaan.

“Jika mengalami hal tersebut sebaiknya pengemudi segera menepikan mobilnya terlebih dahulu. Tunggu sampai suhu mesin mobil turun baru dilakukan penanganan,” kata Anjar.

Anjar melanjutkan, “Setelah itu dicek ada kebocoran pada air pendingin atau tidak, kalau ada tambahkan air pendingin dan sebaiknya segera cari bengkel terdekat.”

Sebelum masalah yang menyebabkan mesin mobil menjadi overheat teratasi, sebaiknya mobil tidak digunakan untuk perjalanan lebih jauh. Pasalnya, jika dipaksa justru akan berakibat fatal.

“Jangan paksakan berkendara dalam kondisi overheat, efeknya bisa fatal terkait kerusakan mesinnya,” ujar Anjar.

Dampak terburuknya bisa menyababkan mobil harus servis besar atau turun mesin. Sebab cylinder head mengalami kerusakan parah sehingga menyebabkan melengkut.

“Awalnya cylinder heat bisa melengkung, kalau mobil terus dipaksakan akibatnya akan semakin parah,” kata Anjar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/30/174100015/mobil-overheat-jangan-dipaksa-jalan-bisa-turun-mesin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke