Salin Artikel

Cara Hyundai Tekan Penyebaran Corona di Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menudukung upaya untuk menekan kurva penyebaran virus corona (Covid-19), PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) kembali membantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengimplementasikan tes cepat dengan metode drive-thru.

Tidak hanya itu saja, Hyundai juga ikut mendistribusikan 10.000 set APD yang terdiri dari masker, pakaian medis, dan sarung tangan yang menjadi bagian dari total donasi 50.000 set APD kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada awal April lalu.

Hal ini pun menjadi salah satu wujud komitmen perusahaan otomotif asal Korea Selatan, meski sampai saat ini pabrik Hyundai sendiri masih dalam tahap pembangunan.

President Director of PT HMMI Yoon Seok Choi mengatakan, pihaknya memahami bahwa pemeriksaan bersakal besar yang praktis sama pentingnya dengan memberikan bantuan APD bagi tenaga medis untuk mencegah penularan corona.

"HMMI tetap berupaya menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan memenuhi kewajiban sosialnya melebihi dari tanggung jawab hukum dan ekonomi," ucap Choi, dalam keterangan resminya, Senin (27/4/2020).

Tes cepat dengan metode drive-thru adalah klinik skrining pop-up yang dapat melakukan pemeriksaan dalam skala besar dan berlangsung sekitar 10 menit per orang.

Metode ini telah sepenuhnya mengikuti instruksi pemerintah Indonesia dan terdiri dari empat tahap, yakni pendaftaran dan konsultasi, wawancara rekam medis, pemeriksaan, serta pengumpulan sampel untuk kandidat yang beropetensi terinfeksi.

Dengan metode tadi, pelaksanaanya tetap menerapkan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar menjaga pengemudi tetap aman di dalam mobil serta membantuk antrean panjang di rumah sakti. Dengan demikian bisa mencegah penularan dari satu orang ke orang alin.

Menurut Choi, adanya dukungan berupa tes cepat dengan drive-thru serta donasi APD, bisa secara signifikan membantu upaya pemerintah untuk meratakan kurva penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Saya melihat bahwa Korea dan Indonesia adalah teman sejati melalui hubungan pemimpin kedua negara, dan bagi saya, teman sejati adalah mereka yang saling membantu pada masa yang sulit seperti sekarang ini," ucap Choi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sangat mengapresiasi dukungan Hyundai dalam implementasi tes deteksi cepat dengan metode drive-thru serta bantuan APD bagi tenaga medis guna mengurangi penyebaran COVID- 19 di Indonesia, terutama di provinsi Jawa Barat.

"Kami harap tes inovatif ini akan menjadi metode yang efektif dalam mengidentifikasi virus corona seperti yang berhasil dilakukan di Korea Selatan sebelumnya," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/28/184100315/cara-hyundai-tekan-penyebaran-corona-di-jawa-barat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.