Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Pakai Nitrogen Ban Tidak Cepat Kempis?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pengendara motor yang mengalami kondisi ban kempis ketika sepeda motor jarang digunakan.

Kondisi ini makin diperparah jika motor diparkir di udara luar atau beralas semen atau keramik, serta didukung hawa dingin pasca hujan.

Kondisi ban kempis saat dingin bisa dikaitkan dengan pelajaran fisika. Saat suhu luar ruangan turun maka hal tersebut membuat udara di dalam ban ikut menyusut, sehingga mengakibatkan tekanan ban berkurang.

Senior Brand Executive & Product Develompent PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, Dodiyanto, mengatakan, faktor lain mengapa ban kempis karena terkait ban yang memang terbuat dari karet.

“Ban sebetulnya memiliki pori-pori. Walaupun tidak kelihatan mata dia punya pori-pori. Begitu dia bersentuhan langsung dengan keramik atau semen, pori-pori terbuka,” ujar Dodi kepada Kompas.com.

Dodi melanjutkan, cara mudah supaya ban tidak mudah kempis meski jarang dipakai ialah menggunakan angin atau gas nitrogen, yang memiliki molekul lebih padat dari angin kompresor biasa.

“Kalau nitrogen molekulnya lebih besar dari angin biasa, sehingga peluang angin susut atau keluar dari ban lebih sedikit. Coba saja di tes, dipakai siang nitrogen konstan naiknya cuma 1 psi dibanding angin biasanya,” katanya.

On Vehicle Test PT. Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, dengan sifat molekul nitrogen yang cenderung stabil atau tak banyak mengandung kadar air, membuat tekanan udara pada ban minim penyusutan.

“Dari segi kualitas jelas nitrogen, karena memiliki sifat bias beradaptasi dengan perubahan suhu. Partikel molekul nitrogen lebih besar dari oksigen, maka peningkatan suhu cenderung lebih stabil,” kata Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/23/190100115/benarkah-pakai-nitrogen-ban-tidak-cepat-kempis-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke