Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Sasis Bus Pakai Suspensi Udara Bikin Penumpang Makin Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan niaga seperti bus saat ini menjadi salah satu pilihan untuk bepergian jarak jauh. Teknologi suspensi udara pada bus membuat rasa berkendara jadi lebih nyaman untuk penumpang.

Kenyamanan ini yang membuat bepergian dengan bus kembali diminati. Perusahaan pembuat sasis bus saat ini ada yang memiliki dua model suspensi yang ditawarkan, suspensi daun dan udara.

Permintaan sasis bus dengan suspensi udara saat ini juga sudah banyak. Pemasangan suspensi udara di sasis bus biasa bisa dilakukan oleh karoseri.

Hal ini mempertimbangkan faktor ekonomis dari sasis biasa yang tinggal dimodifikasi dengan suspensi udara.

Sasis bus yang biasanya dimodifikasi dengan suspensi udara yaitu Hino RK8 R260. Awalnya sasis ini menggunakan suspensi daun. Lalu apakah aman jika dilakukan modifikasi pada sasis bus tersebut?

Prasetyo Adi, Deputy GM Product Division Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan kalau modifikasi suspensi udara pada sasis bus harus lihat dari segi keamanan dan daya tahannya.

“Kalau modifikasi suspensi udara pada sasis RK8 ini, secara teknis memang bisa, tetapi harus ada perhitungan mengenai kemampuan dari as roda dan sasisnya. Perubahan suspensi berpengaruh dari kekuatan saat rolling dan stabilitas kendaraan,” kata Prasetyo kepada Kompas.com belum lama ini.

Prasetyo juga mengatakan kalau sampai saat ini, modifikasi suspensi udara yang dilakukan masih aman untuk digunakan. Hanya saja belum tahu bagaimana daya tahannya, berapa lama masa pakainya.

Modifikasi suspensi yang dilakukan memang untuk memenuhi keinginan pasar.

“Kami melihat kalau pasar membutuhkan kendaraan yang nyaman namun terjangkau dalam sisi ekonomisnya, jadi banyak yang melakukan penggantian suspensi udara,” ucap Prasetyo.

Namun ada kerugian yang didapatkan jika memodifikasi sasis dengan mengganti suspensi udara, yaitu garansi akan hangus. Prasetyo mengatakan kalau sudah modifikasi, sudah pasti tidak ada garansi dari Hino.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/14/144200915/modifikasi-sasis-bus-pakai-suspensi-udara-bikin-penumpang-makin-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke