Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lalu Lintas Ibu Kota Kembali Ramai pada Hari Ke-4 PSBB

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di wilayah DKI Jakarta terpantau ramai lancar pada hari keempat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Senin (13/4/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh pergerakan kendaraan luar kota yang masuk ke Jakarta, seiring dengan kembalinya aktivitas di beberapa sektor.

"Hari Senin ini tampak pergerakan lebih tinggi, kami menyaksikan khususnya pergerakan dari luar Jakarta ke dalam Jakarta itu masih cukup padat," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube, Senin (13/4/2020).

Padahal, menurut Anies, selama tiga hari pertama PSBB, yaitu Jumat (10/4/2020) hingga Minggu (12/4/2020), mobilitas masyarakat cukup rendah.

"Tiga hari pertama bersamaan dengan hari libur nasional dan akhir pekan, lalu lintas Jakarta relatif lengang dan sepi. Banyak masyarakat yang berkegiatan di rumah atau lingkungannya," ujar dia.

Hal serupa dinyatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan tertulisnya. Meski demikian, ia menilai kesadaran masyarakat atas PSBB sudah meningkat.

"Ini kan hari kerja, ada beberapa tempat yang memang diperbolehkan (kerja). Tapi, saya rasa tingkat kesadaran masyarakat sudah terbilang tinggi, walau lalin agak padat," katanya.

Melihat hal itu, Pemprov DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan wilayah penyanggah, yakni Jawa Barat dan Banten, untuk meningkatkan pengawasan terhadap potensi dampak penyebaran virus corona alias Covid-19.

"Kami menyadari PSBB baru di DKI, sementara Jabodetabek tiga provinsi, Jabar dan Banten. Insya Allah, Rabu tetangga kita di Jabar sudah akan laksanakan PSBB. Mudah-mudahan di Banten segera sehingga penegakan aturan menjadi jauh lebih mudah," ucap Anies.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/14/074200715/lalu-lintas-ibu-kota-kembali-ramai-pada-hari-ke-4-psbb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke