Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taksir Harga Motor Koleksi Honda Zoomer di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) Honda Zoomer atau dikenal juga dengan Ruckus populasinya tak banyak di Indonesia. Maka itu, Zoomer menjadi salah satu motor yang diburu sebagai koleksi.

Zoomer masuk ke Tanah Air melalui importir umum, termasuk juga untuk Zoomer-X. Sebab, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia belum berencana untuk menjualnya.

Zoomer memiliki desain yang berbeda dengan skutik pada umumnya dan juga salah satu skutik yang berumur panjang. Motor dengan mesin 50 cc ini pertama kali diperkenalkan pada 2001.

Masuk ke Indonesia secara utuh atau Completely Built Up (CBU) membuat harga Zoomer menjadi mahal. Tak heran, akhirnya banyak yang memilih untuk memodifikasi skutik bergaya Ruckus, seperti yang dilakukan Joddy Ario, modifikator senior dari JDM Project.

"Kita terinspirasi saat lihat Ruckus, harganya mahal sekali, sampai Rp 50 jutaan di tahun 2006. Sedangkan, motornya hanya 50 cc. Dari situ, akhirnya kami berpikir untuk membuat Ruckus," ujar Joddy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu importir umum yang mendatangkan Zoomer adalah Probike yang terletak di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Meski mahal, namun Probike tetap sanggup menjual beberapa puluh unit Zoomer.

"Zoomer ramai sekitar tiga tahun yang lalu. Saya bisa bawa 50 unit dan terjual. Selain Jakarta, pembelinya rata-rata di Bandung dan Yogyakarta, mayoritas masih di Pulau Jawa," kata Hendrik.

Hendrik menambahkan, pihaknya pernah juga menjual Zoomer-X yang didatangkan secara utuh dari Thailand. Dengan harga puluhan juta rupiah, Probike sanggup menjual puluhan unit.

"Dulu kita jual sekitar Rp 65 jutaan, kalau sekarang kira-kira Rp 75 jutaan sampai Rp 80 jutaan. Tapi, ini untuk yang Zoomer-X. Dulu kita jualnya tidak banyak, hanya di bawah 20 unit saja," ujar Hendrik.

Melihat data dari berbagai situs jual beli online, ada beberapa orang saja yang menjual Zoomer dan Zoomer-X dengan kondisi bekas. Rata-rata, harganya masih di kisaran Rp 47 jutaan. Sedangkan Zoomer-X, ada di kisaran Rp 79 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/08/094200415/taksir-harga-motor-koleksi-honda-zoomer-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke