Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Alat Penyemprot Disinfektan Mini, Berbasis Motor Tiga Roda

BOGOR, KOMPAS.com – Upaya penekanan penyebaran virus corona atau Covid-19 bisa dilakukan dengan penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat umum.

Disinfektan diyakini bisa membersihkan droplet yang ada di tempat umum dan bisa menularkan ke orang lain.

Salah satu cara penyemprotan disinfektan di tempat umum yaitu menggunakan kendaraan khusus. Seperti yang dilakukan kepolisian dengan menggunakan mobil water cannon untuk menyemprotkan disinfektan ke jalanan.

Namun, jika jalan yang dilalui sempit, tentunya kendaraan tersebut tidak bisa masuk. Salah satu cara agar bisa masuk ke jalan yang sempit yaitu dengan menggunakan kendaraan yang lebih kecil, misalnya motor roda tiga.

Winston Wiyanta, Managing Director Karoseri Delima Jaya di Bogor, pembuat berbagai kendaraan khusus, seperti motor roda tiga penyemprot disinfektan.

“Basisnya pakai motor roda tiga yang ada baknya. Pada bagian bak ditempatkan tandon air untuk menyimpan cairan disinfektan, pompa air, dan dua nozzle spray pada setiap sisi dari bak,” ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Kapasitas cairan yang bisa ditampung pada tandonnya yaitu 500 liter. Pengoperasian kendaraan ini juga mudah, bisa dilakukan oleh satu orang. Pertama bisa menyalakan dulu pompa airnya lalu dikemudikan motornya pelan-pelan.

Kendaraan ini cocok untuk digunakan pada jalan-jalan yang sempit. Sehingga penyemprotan disinfktan bisa dilakukan ke tempat yang tidak bisa dimasuki kendaraan besar dan penyebaran virus semoga bisa berkurang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/05/110100115/mengenal-alat-penyemprot-disinfektan-mini-berbasis-motor-tiga-roda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke