Salin Artikel

Di Rumah Aja, Bagi Tugas Cuci Mobil Bersama Anak

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah dua pekan kampanye di rumah aja bergulir di Indonesia, khususnya DKI Jakarta. Kondisi ini membuat interaksi bersama anggota keluarga jadi intens, sehingga bisa disalurkan melakukan aktivitas positif, salah satunya antara orang tua dan anak.

Mengisi kegiatan bersama si kecil, salah satunya adalah dengan mencuci kendaraan bersama. Psikolog Anastasia Satriyo, bahwa melakukan kegiatan seperti ini bisa membangun hubungan emosional baik, antara orang tua dan anak.

Namun, aktivitascuci mobil bersama ini juga jangan dilakukan sembarangan, ada hal yang harus diperhatikan!

Orang tua harus paham bahwa hal tersebut dilakukaan untuk mengajari dan membangun hubungan emosional dengan mereka. Jadi jangan berharap anak bisa membantu penuh membuat mobil bersih laiknya tempat cuci mobil umum.

Ketika mencuci mobil, sebaiknya gunakan shampoo dengan Ph rendah. Kemudian ajari sang anak cara membersihkan mobil yang benar yaitu dengan gerakan dari atas ke bawah.

Untuk anak balita sampai dengan usia 3 sampai 5 tahun, mencuci mobil bagi mereka adalah bersenang-senang. Kegiatan ini memungkinkan mereka untuk bermain air, gelembung, hingga menggambar bodi mobil dengan air sabun.

“Pahami kalau kemampuan fokus anak hanya 2 sampai tiga kali usianya. Jadi kalau usia 5 tahun kemampuan fokus mengerjakan aktivitas maksimalnya sampai 15 menit,” ujar Anas kepada Kompas.com, Selasa (31/03/2020).

Lalu tunjukan cara membilas mobil yang benar. Jika anak sudah mengerti, beri mereka kesempatan untuk melakukan hal tersebut sendiri.

Untuk anak yang lebih besar, berumur 10 tahun ke atas, mulai bisa diajari dan meminta mencuci mobil dengan lebih teliti. Misalnya, jelaskan bahwa mobil harus bersih dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Saat anak diusia tersebut, orang tua sudah bisa menunjukan kepada anak cara membersihkan bagian interior mobil yang lebih sulit untuk dikerjakan, termasuk memberishkan kisi-kisi AC dan jendela yang harus dibersihkan dengan kain lembut.

Jelaskan sedikit demi sedikit, kemudian ulangi lagi sampai ia benar-benar paham dan terbiasa melakukannya sendiri. Pada dasarnya melakukan aktivitas mencuci mobil bersama anak merupakan sarana edukasi bagi mereka.

Owner Ceria Carwash, Haikal Qasthalani, mengatakan, mencuci mobil sendiri di rumah boleh saja dilakukan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Paling penting mencuci mobil sendiri di rumah, ketika lap harus benar-benar kering, banyak yang bodi mobilnya berjamur karena luput. Perhatikan kebersihan jok, sering-sering vacuum agar debu tidak memumpuk,” ujar Haikal saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/03/2020)

Haikal menambahkan, “Jangan lupa sela-sela yang biasanya menjadi tempat air mengendap, seperti di ban, tutup bensin, dan kaca agar tidak berjamur."

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/01/120200715/di-rumah-aja-bagi-tugas-cuci-mobil-bersama-anak-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.