Salin Artikel

Cara Bikin Suhu Mesin Yamaha Scorpio Lebih Dingin

SOLO, KOMPAS.com - Mesin sepeda motor Yamaha Scorpio dikenal mempunyai tenaga yang cukup besar. Dengan kubikasi 225 cc, tidak heran jika motor berjuluk kalajengking ini menjadi incaran banyak penggila kuda besi.

Dengan kapasitas mesin di atas 200 cc dirasa sangat cocok jika digunakan untuk touring atau melakukan perjalanan jarak jauh. Hanya saja, dengan jantung pacu tersebut membuat mesin menjadi lebih cepat panas.

Kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan saat berkendara. Apalagi ketika melakukan perjalanan jauh dengan jarak di atas 100 kilometer.

Untuk mengatasi panas berlebih pada mesin ini, banyak pencinta Pio (sebutan Scorpio) kemudian memodifikasi menggunakan pendingin oil atau oil cooler.

Perangkat yang bentuknya mirip dengan radiator ini dipercaya mampu menjaga suhu mesin tetap stabil dan nyaman saat dikendarai jarak jauh.

Pemilik bengkel spesialis Yamaha Scorpio Asics, Solo, Anang mengatakan, untuk mengaplikasikan oil cooler pada Pio ini tidaklah sulit.

Hal ini karena pada mesin Pio sudah ada selang sirkulasi oli yang sudah siap dimodifikasi untuk dipasang oil cooler.

“Tinggal memindah selang sirkulasi oli ini ke oil cooler paling hanya membuat dudukan perangkat oil coolernya di bodi saja. Kalau untuk saluran selang olinya cuma menyesuaikan sedikit,” kata Anang kepada Kompas.com belum lama ini.

Anang menambahkan, selama ini oil cooler yang banyak dipilih untuk dipasang di Pio adalah kepunyaan Tossa.

Menurutnya, perangkat pendingin oli milik motor tiga roda itu sangat pas dan bekerja optimal jika dipasangkan untuk mesin berkapasitas 225 cc itu.

“Selama ini yang banyak dipilih ya punyanya Tossa, tinggal pasang saja. Kalau harganya bervariasi tingga mau beli baru atau bekas,” ucapnya.

Untuk harga baru perangkat oil cooler Tossa, Anang mengatakan, di atas Rp 400.000 satu set. Mulai oil cooler dan juga perangkat selangnya dan tinggal pemasangan.

“Tetapi kalau mau beli bekas juga ada yang jual, harganya berkisar Rp 300.000 itu sudah satu set tinggal pasang,” ujarnya.

Jika Pio dipasang oil cooler, Anang mengatakan, harus ada penambahan oli mesinnya. Hal ini disebabkan karena sebagian oli mesin akan masuk pada perangkat pendingin.

“Jika biasanya oli mesin Scorpio adalah 1.200 mililiter ditambah 300 mililiter jadinya 1.500 mililiter,” kata Anang.

Salah satu pemilik Scorpio yang sudah mengadopsi oil cooler, Rafli Arasyid (19) mengatakan, setelah memasang perangkat pendingin oli proses pendinginan mesin lebih cepat dari biasanya.

“Kalau dibandingkan dengan sebelum menggunakan oil cooler proses pendinginan mesin jadi lebih cepat. Sudah saya gunakan untuk perjalanan jauh, ke Jakarta, Tegal, Pekalongan, Tuban tetap nyaman,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/23/081200115/cara-bikin-suhu-mesin-yamaha-scorpio-lebih-dingin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.