Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agya Ayla Facelit 2020 Pakai AC Digital dan Tombol Start, Adu Fitur dengan LCGC Lain

JAKARTA, KOMPAS.com – Segmen mobil murah ramah lingkungan alias LCGC di Tanah Air, baru saja mendapatkan pembaharuan dari Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM), yakni Toyota Agya dan Dihatsu Ayla.

Model baru ini bakal memperketat peta persaingan yang ada. Agya dan Ayla akan bersua pemain lain di kelas LCGC dari Brio Satya, Datsun Cross dan Karimon Wagon R.

Terlepas dari nilai esensial sebuah kendaraan penumpang, masih-masing merek juga menyematkan fitur tambahan, untuk menggoda konsumen, mulai dari keamanan, kenyamanan, dan hiburan.

Namun kali ini, Kompas oOomotif coba merangkum beberapa fitur dari tiap model tersebut.

1. Toyota Agya Facelift 2020

Mobil ini memiliki dimensi yang sama dengan tipe Agya sebelumnya, yaitu panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm.

Toyota membenamkan fitur tombol engine star stop dan head unit layar sentuh yang cukup bergensi untuk mobil varian 1.2 TRD S, yang mana merupakan varian tertinggi dari Toyota Agya.

Selain itu, Agya facelift varian 1.2 TRD S dan 1.2 G juga dilengkapi dengan tampilan meter cluster baru lengkap dengan AC digital.

Sayangnya, untuk pengaturan AC digital hanya bisa ke satu arah saja, tidak bisa diatur ke kaki atau ke arah lainnya.

Namun, salah satu kekurangan yang terdapat pada mobil ini adalah headrest pengemudi dan penumpang yang masih menggunakan model yang menyatu dengan kursi, belum bisa dilepas seperti headrest yang terdapat pada baris kedua.

2. Daihatsu Ayla Facelift

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.640-3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm.

Tidak jauh berbeda dengan pesaingnya, mobil ini diperbaharui baik dari tampilan luar, interior, sampai penambahan fitur baru.

Perubahannya fitur pun hampir sama dengan Toyota Agya, yaitu menggunakan tombol engine star stop, head unit sudah layar sentuh, serta sudah menggunakan steering switch di setir nya untuk mengatur volume dan mode radio.

Bicara soal AC, Daihatsu Ayla juga sudah menggunakan mode digital. Tetapi, seakan sudah janjian dengan Agya, pengaturan AC digital hanya bisa ditujukan ke satu arah saja, belum bisa diatur ke arah lainnya.

Untuk headrest pengemudi dan penumpang Daihatsu Ayla juga masih menggunakan model yang menyatu dengan kursinya.

3. Honda Brio

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.

Jika Toyota Agya dan Dihatsu Alya baru menyematkan fitur engine star stop dan AC digital pada varian terbarunya, Honda Brio justru sudah menyematkan fitur ini dari koleksi New Brio Satya E CTV.

Head unit layar sentuh nya sudah didukung koneksi AUX dan USB, tanpa Bluetooth. Selain itu, pengaturan AC juga sudah dibuat digital dengan tambahan fitur pengaturan arah AC, yang bisa ditujukan ke arah lainnya (seperti kaki). Berbeda dengan mobil kelas LCGC yang sebelumnya hanya bisa mengembuskan udara ke satu arah saja.

Untuk tipe All new Brio juga sudah dilengkapi dengan headrest pengemudi dan penumpang yang bisa dilepas, tidak menempel seperti mobil lain dikelasnya.

Selain itu Brio Satya juga menjadi pencetus pertama teknologi keyless entry dan Immobilizer, di kelasnya yaitu LGCG.

4. Datsun Cross

Datsun Cross akhirnya keluar dari bayang-bayang yang selama ini menjadi identitas di Indonesia, yakni mobil murah, sejak peluncurannya di Kota Kasablanka, Jakarta (18/01/2018).

Mobil dengan dudukan tujuh seater dan memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.670 mm dan tinggi 1.560 mm, ini sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh, yang dilengkapi dengan audio play, smartphone cennection. Sedangkan untuk pengaturan AC, mobil ini masih menggunakan kenop putar.

LGCG ini juga memiliki kelebihan fitur yang sudah disematkan pada mobil ini, yaitu keyless entry dan follow me home lamps.

Yaitu fitur lampu depan yang dirancang tetap menyala selama beberapa detik setelah pengemudi mematikan mesin dan keluar mobil. Fitur ini dibuat untuk membantu pengemudi mendapatkan penerangan hingga keluar rumah.

5. Karimun Wagon R

Karimun Wagon R sudah dilengkapi dengan perangkat keselamatan air bag. Namun, Wagon R tidak memiliki fitur Eco Driving pada panel indikator yang berguna untuk memantau gaya berkendara efesien.

Dari segi interior, Karimun Wagon R juga belum dilengkapi dengan head unit layar sentuh dan AC digital, seperti mobil lain di kelasnya. Namun, sudah memiliki sistem audio USB dan AUX.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/19/135503315/agya-ayla-facelit-2020-pakai-ac-digital-dan-tombol-start-adu-fitur-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke