Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat Kondisi Jalan yang Bisa Aktifkan Fitur Cruise Control

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur cruise control pada kendaran memang memiliki banyak manfaat, selain dapat mengistirahatkan sejenak kaki pengemudi, fitur ini juga dinilai mampu membuat bahan bakar irit karena kecepatannya yang konstan.

Tetapi pada kenyatannya, fitur ini dinilai belum cocok bagi kondisi jalanan di Indonesia, terutama di Ibukota Jakarta.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menilai, fitur cruise control tidak cocok dengan kebiasaan pengemudi di Indonesia ketika di jalan, berbeda dengan luar negeri.

“Kebiasaan pengemudi yang sering berpindah jalur, otomatis membuat kecepatan yang sudah diatur menggunakan fitur tersebut akan kembali lagi seperti biasa, belum lagi kalau sering berpindah lajur, bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” ujar Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Training Director The Real Driving Center, Marcell Kurniawan, menjelaskan, fitur cruise control sebenarnya bisa saja digunakan pada jalanan di Indonesia, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan fitur cruise control adalah kondisi jalan. Pastikan kondisi jalan baik, lalu lintas lancar, kecepatan kendaraan lain stabil dan jarak aman terpenuhi,” ujar Marcell ketika dihubungi Kompas.com, Senin (09/03/2020)

Selain itu, kondisi pengemudi juga harus diperhatikan ketika ingin menggunakan fitur cruise control.

“Cruise control bisa menyebabkan pengemudi mengantuk, karena fokus pandangannya hanya ke depan, kaki tidak menginjak pedal rem dan gas. Sehingga harus tetap waspada dan jangan sampai kehilangan konsentrasi,” ujar Marcell.

Kondisi jalan juga menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan ketika ingin menggunakan fitur cruise control.

“Jangan mengaktifkan fitur ini di jalan berbelok, hujan, atau, licin, karena bisa kehilangan kontrol dan membahayakan. Selain itu jangan gunakan fitur ini pada jalan yang rusak,” kata Marcell.

Fitur cruise control juga sebaiknya tidak digunakan untuk jalan menanjak, karena kecepatan kendaraan dapat melebihi kecepatan yang sudah diatur ketika berjalan menurun.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, fitur cruise control pada kendaraan harus diperhatikan penggunaannya, karena jika salah dapat menyebabkan kehilangan kontol kendaraan dan dapat menyebabkan kecelakaan yang bisa berakibat kematian atau cedera serius.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/09/172100615/syarat-kondisi-jalan-yang-bisa-aktifkan-fitur-cruise-control

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke