Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vespa PTS, Bukan untuk Pemula dan Butuh Dompet Tebal

BOGOR, KOMPAS.com – Vespa retro dengan mesin 2-tak ada beragam modelnya. Salah satu yang menarik perhatian yaitu Vespa PTS.

Skuter merek Italia ini memiliki bodi yang lebih kecil atau biasa disebut small frame, berbeda dengan model lainnya.

Dikarenakan bentuknya yang lebih kecil, mesinnya pun berbeda dengan Vespa yang dikeluarkan dalam tahun yang sama. Oleh karena itu, bagi pemula yang baru mau main Vespa, sebaiknya tidak langsung beli model PTS.

Endar, mekanik dari Sar Motor, bengkel spesialis Vespa 2-tak, mengatakan, bagi yang ingin bangun Vespa PTS, harus menyiapkan dana yang lebih banyak ketimbang model lainnya.

“Komponen yang ada di mesinnya berbeda dengan Vespa lainnya. Masih banyak yang impor juga suku cadangnya. Untuk carinya gampang, namun harganya jauh lebih mahal, bisa tiga kali lipat,” kata Endar saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Endar juga mengatakan, untuk membeli bahan Vespa PTS, butuh merogoh kocek cukup dalam. Ada satu model PTS di bengkel Sar Motor, untuk bahannya saja sudah Rp 10 juta, setelah direstorasi dan siap jalan, menghabiskan kurang lebih Rp 50 juta.

“Untuk merawatnya kurang lebih sama dengan Vespa biasa, masalahnya juga enggak beda jauh. Kadang, ketika ada suku cadang yang mau diganti, selalu diturunkan mesinnya, karena ruang mesinnya yang sempit,” ucap Endar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/09/084200615/vespa-pts-bukan-untuk-pemula-dan-butuh-dompet-tebal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke