Salin Artikel

Intip Bocoran Lengkap Suzuki XL7 Sebelum Mengaspal

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki XL7 siap mengaspal delapan hari lagi, tepatnya pada 15 Februari 2020 mendatang.

Meski PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih berupaya menutup keran informasi soal spesifikasi, varian, sampai harga, tetapi bocoran di media sosial cukup mengalir deras.

Bila melakukan penelusuran di dunia maya, sudah cukup banyak wiraniaga Suzuki yang tanpa malu-malu memajang spesifikasi lengkap bersama foto asli dari XL7 yang akan mengaspal sesaat lagi di Indonesia.

Mobil berbasis Ertiga yang akan keluar menjadi low sport utility vehicle (LSUV) tersebut bakal meluncur dalam tiga varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha yang menjadi versi tertingginya. Ketiganya sama-sama menggunakan mesin K15B DOHC dengan kubikasi 1.500 cc.

Jenis mesin yang sama dengan Ertiga, meski demikian, sebelumnya Head of Service PT SIS Riecky Patrayudha sudah memastikan bahwasetting-an dan karakternya akan berbeda. XL7 dirancang benar-benar untuk menghadirkan sensasi SUV, termasuk dari output tenaganya.

"Basisnya sama dengan Ertiga, tapi teknis pasti ya beda karena menyesuaikan untuk segmennya. Garis besarnya kaki-kaki kami rancang ulang, termasuk suspensi, bahkan sampai engine, maksudnya kita optimalisasi, setting engine control module (ECM) sudah pasti beda," ucap Riecky beberapa hari lalu kepada Kompas.com.

Masing-masing varian juga memiliki perbedaan. Suzuki XL7 Zeta menjadi varian terendah yang dipasarkan mulai dari Rp 230 sampai Rp 240,5 juta, untuk fiturnya sendiri juga dipaparkan lengkap dalam brosur.

Mulai dari lampu depan yang sudah full LED dengan DRL, roof rails, AC digital, sampai kelengkapan keamanan, seperti adanya ABS dan EBD, rear camera dan parking sensor, sampai Dual SRS Airbag.

Fitur-fitur ini pun melekat pada XL7 Beta. Namun, tetap ada perbedaan seperti LED pada bagian belakang yang disertai light guides, door handel berlapis krom, kemudi yang dilapis kulit sintetis lengkap bersama tombol pengaturan audio, dan Bluetooth Phone Connection.

Tak hanya itu, XL7 Beta yang dikabarkan dipasarkan Rp 246,5 juta sampai Rp 257 juta tersebut juga akan dilengkapi dengan keyless push start stop button, 2 front tweeters, ventilated cup holders, dan electronic stability programms, serta sudah tersedia hill hold control.

Sementara itu, XL7 Alpa yang jadi varian tertinggi dengan banderol Rp 256,5 juta sampai Rp 267 juta memiliki semua fitur yang dimiliki Zeta dan Beta, serta ditambah dengan fitur lainnya.

Mulai dari adanya power outlet yang tersedia di tiga baris, arm rest pada baris pertama dan kedua, AC digital dengan auto climate bersama heater.

Sedangkan untuk aksesori pelengkapnya, Suzuki akan membenamkan rear upper spoiler serta smart e-mirror yang dilengkapi dengan kamera layaknya dash cam.

Soal harga, meski sudah bocor, tetapi pihak Suzuki mengaku banderolnya berbeda dari data resmi. Artinya, harga yang sudah sempat beredar bisa lebih murah atau bahkan sebaliknya.

"Berkaitan harga yang beredar di Instagram, karena bukan informasi resmi dari kami, kemungkinan besar kami tidak bisa mempertanggungjawabkan isinya. Karena itu belum tentu benar," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/07/130500615/intip-bocoran-lengkap-suzuki-xl7-sebelum-mengaspal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.